Sabtu, 20/04/2024 09:59 WIB

Irjen Kemendesa Jadi Tersangka, Menteri Eko: Sugito Orang Baik

Menurut Menteri Desa PDTT, Sugito malah sosok paling keras menentang korupsi di instansinya.

Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo (Foto: Andi Hartik)

Jakarta – Tersangka dugaan suap predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Inspektur Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Irjen Kemendesa PDTT) Sugito disebut orang baik-baik. Menurut Menteri Desa PDTT, Sugito malah sosok paling keras menentang korupsi di instansinya.

“Pak Sugito itu orang baik. Dia menjadi inisiator terbentuknya saber pungli di kementerian ini. Saya tadinya kaget,” kata Menteri Eo dalam konferensi pers, Sabtu (27/5) sore ini di Jakarta.

Tidak hanya Irjen, Menteri Desa juga kerap kali mengingatkan para pejabat di lingkungan Kementerian Desa PDTT agar tetap bersih. Ini ia tempuh dengan mengadakan beberapa kali pertemuan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bahkan, Menteri Eko menegaskan lembaga anti rasuah tersebut dapat melakukan pemeriksaan kepada seluruh satuan kerja (satker) Kemendesa sewaktu-waktu.

“Saya sudah katakan kepada seluruh pegawai saat pertemuan dengan KPK, bahwa KPK berhak mengaudit seluruh satker tanpa memberi pemberitahuan terlebih dahulu,” terangnya.

Sugito tertangkap tangan (OTT) oleh KPK dengan dugaan suap predikat WTP Kementerian Desa PDTT kepada BPK pada Jumat (26/5) kemarin. KPK menemukan total uang Rp40 juta saat sedang melakukan proses transaksi.

KEYWORD :

Kemendes PDTT KPK Suap WTP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :