Sabtu, 20/04/2024 13:07 WIB

Menteri Desa Heran Irjennya Terlibat dalam Dugaan Suap

Eko Putro Sandjojo mengaku heran atas tertangkapnya Inspektur Jenderal Kemendesa Sugito

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo saat melantik Irjen Sugito sebagai Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar Kemendes beberapa waktu lalu.

Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengaku heran atas tertangkapnya Inspektur Jenderal Kemendesa Sugito, dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK), Jumat (26/5) kemarin.

Sugito, menurut Menteri Eko,  selama ini paling disiplin dalam memberikan bimbingan kepada para pejabat di lingkungan Kementerian Desa PDTT untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintah tersebut.

“Saya terkejut dan tidak percaya. Pak Irjen itu termasuk yang paling getol membimbing pejabat di kementerian saya” kata Menteri Eko dalam konferensi pers, Sabtu (27/5) sore, di Jakarta.

Mendes juga mengungkapkan Sugito merupakan sosok yang paling keras menentang korupsi. Terbukti, beberapa bulan lalu Sugito membentuk tim saber pungli Kemendesa yang disebut UPP, sekaligus menjadi ketuanya. Namun, pasca penetapan Sugito sebagai tersangka, Mendes menyerahkan proses hukumnya kepada KPK.

“Dia (Irjen) adalah inisiator pembentukan UPP sebagai tim saber pungutan liar atau pungli. Karena saat ini sudah diputuskan sebagai tersangka, saya ikuti peraturan yang berlaku. Semoga bisa menjadi pelajaran yang lebih baik,” ujar Eko.

KEYWORD :

Kemendes PDTT KPK Suap WTP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :