Kamis, 25/04/2024 06:35 WIB

Kisah Jokowi, Ribuan Kodoknya Habis Dimakan Biawak

Jokowi memelihara ribuan kodok yang ditebar di kolam yang berada di sekeliling Istana Bogor, tempat tinggal dan kantor kepresidenan. Suara kodok diakui bisa membuat pikiran akan lebih tenang.

Presiden Jokowi saat melepas ribuan kodok di Istana Bogor

Jakarta - Memelihara kodok menjadi salah satu hobi Presiden Jokowi. Sejak menjabat sebagai Walikota Solo, gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi orang nomor satu di Indonesia, Jokowi tetap memelihara kodok.

Jokowi memelihara ribuan kodok yang ditebar di kolam yang berada di sekeliling Istana Bogor, tempat tinggal dan kantor kepresidenan. Suara kodok tersebut diakui bisa membuat pikiran akan lebih tenang.

Namun sayang, suara ribuan kodok di sekitaran Istana itu seketika menghilang. Usut punya usut, ribuan kodok peliharaan Jokowi itu habis dimakan biawak.

"(Kodoknya) ada ribuan. Banyak sekali. Ya, tetapi kodoknya habis dimakan biawak," kisah Jokowi, seperti dilansir Kompas, ketika diwawancara Rosiana Silalahi dan ditayangkan di Kompas TV, Kamis (25/5) malam.

Ketika menyambut malam tiba, Jokowi mengaku, saat mendengar suara kodok membawa ketenangan dan kesejukan jiwa dan pikiran. Lantas, dengan suasana yang tenang, Jokowi lebih jernih melihat satu persoalan.

"Apalagi memutuskan hal-hal yang sangat penting bagi negara. Ini perlu sebuah pikiran yang mengendap. Perlu sebuah pikiran jernih. Sehingga, jangan sampai memutuskan pada posisi yang keliru," terang Jokowi.

Meski kehilangan ribuan suara kodok tersebut, kata Jokowi, lantas tidak membuat nuansa alam hilang seluruhnya dari kediaman Istana Bogor. Sebab, selain memelihara kodok, Jokowi juga hobi memelihara burung dan beberapa binatang lainnya.

"Kalau pagi tetap sangat sejuk, banyak burung. Kalau sore juga sama. Sejuk, banyak burung. Di sini kalau kita lihat hewan-hewan, rusa mungkin ada lebih dari 700 ekor, ada kambing yang kita pelihara, ada ikan yang kita pelihara, ada ayam banyak yang kita pelihara,` ujar Jokowi.

Tinggal di Istana Bogor, diakui Jokowi, memang lebih tenang dibandingkan tinggal di Jakarta. Jauh dari bising suara knalpot, jauh dari polusi dan yang terpenting jauh dari panasnya suhu politik Jakarta.

Memang, memelihara kodok sudah menjadi hobi Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo. Ketika menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga memelihara kodok di rumah dinasnya, di Taman Suropati No 7, Menteng, Jakarta Pusat.

Burung dan kodok adalah dua hewan yang digemari sang Presiden. Tak ayal, saat pertama dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi memboyong kodok-kodok tersebut ke rumah dinasnya saat itu.

"Ini saya pelihara, supaya kalau malam ada suara kodok. Masa setiap hari dengarnya sepeda motor, bus, mobil," kata Jokowi, di rumah dinasnya, Senin (18/11/2013).

"Kalau di rumah kan enak ada suara-suara `Kungkong... Kungkong.` Enak lho, fresh jadinya otak," ucap Jokowi.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Jokowi Pelihara Kodok Kodok Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :