Kamis, 25/04/2024 08:11 WIB

Kapolri Siap Ambil Alih Tugas KPK

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan siap untuk mengambil alih tugas KPK jika mendapat dukungan dari Komisi III DPR.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan siap untuk mengambil alih tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika mendapat dukungan dari Komisi III DPR.

Menurutnya, jika dilihat dari jumlah personil kepolisian yang tersebar di seluruh pelosok tanah air, bukan perkara sulit untuk mengambil alih tugas lembaga anti rasuah itu.

"Kalau ditanya apakah Polri siap, dari anggota Polri yang tersebar di seluruh Indonesia saya kira sangat siap," tegas Tito, menjawab pertanyaan Komisi III DPR, dalam rapat kerja, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (23/5).

"Kita memiliki Polda di seluruh provinsi, memiliki Polres hingga Kamtibnas, saya kira kalau seluruh anggota dikerahkan akan siap," kata Tito menegaskan.

Meski demikian, Tito meminta dukungan kepada Komisi III DPR terkait anggaran yang akan dipergunakan untuk menjalankan tugas tersebut.

"Namun perlu dukungan penganggaran di kepolisian. Kesejahteraan mereka perlu ditingkatkan dan gaji khusus," terangnya.

Sebab, kata Tito, sistem penganggaran dalam melakukan penyelidikan kasus di Polri dan KPK berbeda. Dimana, penyelidikan setiap kasus di KPK dibiaya oleh negara.

"Kalau bisa dengan sistem berapa pun biayanya yang dipakai dalam penyelidikan akan dibiayai negara," katanya.

Dalam kesempatan itu, Tito mengusulkan, jika tugas KPK diambil alih Polri, maka perlu pembentukan sebuah lembaga yang khusus menangani tindak kejahatan korupsi.

"Memperkuat strukturnya, bila perlu dibuat Korps," tegasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR Wenny Warouw mengusulkan, agar Polri segera mengambil alih tugas KPK dalam memberangus tindak kejahatan korupsi. Ia meyakini, Polri mampu mengambil alih tugas KPK.

"Kapan Polri mengambil alih seluruh penyidikan? Saya yakin Bapak (Kapolri) bisa mengambil seluruh penyelidikan dan lebih baik dari yang sekarang," kata Wenny, saat rapat kerja dengan Kapolri beserta jajaran Polri, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (23/5).

KEYWORD :

Polri KPK Kapolri Komisi III DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :