Kamis, 25/04/2024 09:32 WIB

Ini 21 Tokoh Indonesia yang Tercatat Sebagai 500 Muslim Berpengaruh di Dunia

Tokoh Indonesia pertama adalah Presiden Joko Widodo, yang menempati posisi ke-13.

Enam dari 21 Muslim Indonesia yang berpengaruh di dunia

Jakarta – 500 Muslim berpengaruh di dunia edisi 2017 sudah dirilis, Senin (22/5) kemarin melalui situs themuslim500[dot]com. Dan, 21 di antaranya merupakan tokoh asal Indonesia.

Tokoh Indonesia pertama adalah Presiden Joko Widodo, yang menempati posisi ke-13. Jokowi dianggap sebagai politisi yang bersih dan sukses melalui program blusukannya. “Ada harapan tinggi terhadap Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur Jakarta hingga menduduki kursi presiden. Terutama soal transparansi dan akuntabilitas,” tulis themuslim500.

Selanjutnya, Ketua Umum Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj berada di posisi ke-20. Pertimbangannya, Kyai Said mampu mewujudkan toleransi keberagamaan yang tinggi saat memimpin NU selama dua periode. Kyai Said juga disebut tegas dalam menindak diskriminasi kepada kaum minoritas.

Di posisi 40 dan 45 masing-masing diisi oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin dan Habib Luthfi bin Yahya. Din diperhitungkan karena aktif melakukan dialog atar agama dan budaya. Sedangkan Habib Luthfi merupakan guru spiritual dan tariqah yang memiliki jutaan pengikut. Habib Luthfi juga mendirikan ribuan sekolah, masjid dan zawiyah (red, lembaga tariqah) di Indonesia.

Selain empat nama tersebut, berikut ini 17 nama lainnya yang masuk dalam 500 Muslim berpengaruh di dunia:

Sektor Pendidikan dan Karya Tulis: KH Ahmad Mustofa Bisri dan Syafii Ma’arif

Sektor Politik: Anis Matta, Prabowo Subianto, dan Megawati Soekarnoputri

Sektor Sosial: Husein Muhammad

Sektor Bisnis: Sri Mulyani Indrawati

Seni dan Kebudayaan: Asma Nadia dan Helvy Tiana Rosa

Amal dan Pembangunan SDM: Haidar Bagir

Dakwah dan Pembimbing Spiritual: Prof. Dr. Tuti Alawiyaah, Aa Gym, dan Quraish Shihab

Sains dan Teknologi: Tri Mumpuni

Pelantun Al Quran: Maria Ulfah

Media: Goenawan Muhammad

Ormas Keagamaan: Haidar Nasir

Selain merilis 500 Muslim berpengaruh di dunia, themuslim500 juga menyebutkan tujuh tokoh ekstrim yang terkenal dengan pemahaman radikal serta terkait dengan organisasi terorisme. Satu di antaranya berasal dari Indonesia, yakni Abu Bakar Ba’asyir, yang saat ini berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sindur, Bogor.

KEYWORD :

500 muslim dunia internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :