Jum'at, 19/04/2024 19:48 WIB

Sandiaga Uno Diperiksa KPK Terkait Dua Kasus Korupsi

Dua kasus yang menjerat Dudung itu yakni kasus dugaan korupsi pada pengadaan Wisma Atlet dan Gedung Serbaguna pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno saat menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Jakarta - Wakil Guburnur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno diagendakan diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Selasa (23/5/2017). Lelaki yang akrab disapa Sandi ini,  akan diperiksa sebagai saksi terkait dua kasus dugaan korupsi yang menjerat Dirut Utama PT Duta Graha Indah (DGI) Dudung Purwadi (DPW).

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DPW," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Dua kasus yang menjerat Dudung itu yakni kasus dugaan korupsi pada pengadaan Wisma Atlet dan Gedung Serbaguna pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan dan kasus dugaan korupsi pada proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana Tahun 2009-2011.

Di perusahaan Dudung bekerja itu, Sandiaga pernah menjabat sebagai komisaris. Febri membenarkan pemeriksaan Sandi terkait posisinya selaku komisaris PT DGI saat itu. Menurut Febri, pemeriksaan Sandi guna mendalami dan mengembangkan kasus dugaan korupsi Grup Permai yang melibatkan PT DGI.

"Salah satu posisi dulu sebagai komisiaris," ujar Febri.

Sandi diketahui telah memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sekitar pukul 09.55 WIB. Ia tak menampik pernah menjabat sebagai komisaris di PT DGI.

"ini berkaitan dengan posisi saya sebagai komisaris di PT DGI. Yang saya sudah mundur beberapa tahun lalu," tutur Sandi sebelum memasuki gedung KPK, Jakarta.

Sandi membenarkan dirinya hari ini langsung diperiksa dalam dua kasus yang menjerat Dudung tersebut. Ia mengklaim akan kooperatif kepada penyidik KPK..

"Untuk dua kasus. Jadi ada dua pemeriksaan, satu jam 10 dan jam 1 siang nanti. Saya akan full kooperatif. Untuk materi tentu menunggu penyidik," kata Sandi yang tampil mengenakan kemeja putih.

Dalam dua kasus itu, Sandi mengklaim sama sekali tak terlibat. "Saya meyakini dalam kedua kasus itu tak terlibat. Untuk itu saya akan mengklarifikasi secara menyeluruh ke KPK hari ini. Saya akan berikan klarifikasi. Saya sama sekali tidak terlibat, sama sekali tidak terlibat," tandas pasangan Anies Baswedan itu.

KEYWORD :

Sandiaga Uno KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :