Jum'at, 26/04/2024 04:15 WIB

Rapat Panja KUHP Ditunda, Ini Alasannya

Rapat Panja Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) terpaksa harus ditunda. Alasannya, sejumlah anggota Komisi III DPR berhalangan hadir.

Rapat Panja KUHP

Jakarta - Rapat panitia kerja (Panja) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) terpaksa harus ditunda. Alasannya, sejumlah anggota Komisi III DPR berhalangan hadir.

Berdasarkan pantauan di ruang rapat Panja KUHP, Anggota DPR yang hadir hanya Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman dan dua anggota DPR lainnya, TB Soenmandjaja dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serta Aditya Mufti Arifin dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra Wenny Warouw telat. Namun, dari lembaran absen, terdapat tandatangan Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto dan Saiful Bahri Ruray dari Fraksi Partai Golkar walaupun keduanya tak hadir di ruang rapat.

Alhasil, rapat tersebut hanya dihadiri mayoritas dari perwakilan non DPR, yakni Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, perwakilan Kejaksaan, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Kita tunda, saya usul besok tidak bisa, Rabu tanggal 24 Mei 2017 pukul 16.00 WIB," kata Benny yang juga Ketua Panja KUHP, di Ruang Rapat Komisi III DPR, Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/5).

Dalam kesempatan itu, Benny mengatakan, pembahasan RKUHP itu sudah memasuki tahap finalisasi. "Khususnya yang berkaitan dengan Bab Tindak Pidana Khusus," terang politikus Partai Demokrat itu.

Menurutnya, Bab Tindak Pidana Khusus yang belum rampung pembahasannya pun hanya mengenai ‎tindak pidana narkotika dan tindak pidana korupsi.

Diketahui, sejumlah partai sedang menggelar rapat nasional. Partai Golkar menggelar rapat pimpinan nasional di Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai hari ini hingga Rabu 24 Mei 2017. Kemudian, PPP Kubu Romahurmuziy juga menggelar Rapimnas di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta, mulai besok hingga 24 Mei 2017.

Sedangkan PDI Perjuangan (PDIP) menggelar rapat kerja nasional di Bali sejak 19-21 Mei 2017. Kemudian, Partai Nasdem menggelar rapat koordinasi khusus (Rakorsus) di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, sejak Minggu 21 Mei hingga 24 Mei nanti.

KEYWORD :

Rapat Panja KUHP DPR Panja KUHP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :