Jum'at, 26/04/2024 04:31 WIB

Anggota Gowes Pesona Nusantara Cetak Rekor Jarak 1000Km

Sampai hari kedelapan etape satu ini, tim Gowes Touring telah berhasil mengukir pencapaian jarak perjalanan bersepeda total lebih dari seribu kilometer.

Gowes Pesona Nusantara 2017 di Atambua

Parapat – Perjalanan tim Gowes Touring Pesona Nusantara di etape satu hari kedelapan dengan rute Medan- Parapat. Rute yang berjarak sejauh 180Km, dengan elevation gain 2000-an merupakan tantangan yang cukup berat. Di tengah cuaca udara yang cukup terik menyengat, di sekitar 100Km terakhir tim dihadapkan pada tanjakan yang terjal.

“Ada satu pendakian ke arah parapat. Ini sangat berat. Titik elevationnya 2000. Jadi lebih tinggi dari Takengon,” ujar Road Capten Marta Mufreni seraya memberi arahan agar tim berusaha tetap santai dan menjaga semangat. Keberangkatan Tim Gowes Touring dilepas langsung oleh Walikota Medan Tengku

Dzulmi Edin bersama-sama dengan pelepasan keberangkatan peserta FUN BIKE Gowes Pesona Nusantara/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Gowes Pesona Nusantara di Lapangan Merdeka. Di dekat Istana Maimoon, Tim Gowes Touring pun berpisah dengan rombongan FUN BIKE dan melanjutkan gowes menuju arah Terminal Amplas, terus menuju arah Tebing Tinggi, dan melaju ke Parapat, Menginjak daerah Tebing Tinggi jalan sudah mulai mulai menanjak.

Memasuki Kabupaten Simalungun kontur jalan pun semakin mendaki. Di sini tim berjalan dengan sangat hati-hati karena jalanan yang cukup sempit dan kondisi lalu lintas yang cukup ramai. Apalagi ketika memasuki Kota Pematangsiantar yang merupakan ibukota Kabupaten Simalungun, lalu lintas benar-benar cukup padat.

Terlepas dari kepadatan Pematangsiantar, jalan yang dilalui tim semakin mendaki namun dikombinasi dengan turunan. Ketika memasuki hutan pinus, tim menambah kewaspadaan dan kehati-hatian karena jalan yang semakin sempit dan banyak berlubang. “Kami memasuki kawasan hutan dalam kondisi gelap sehingga membutuhkan kehatihatian ekstra baik rider maupun pengawal. Jalan yang gelap, sempit dan terus mendaki menjadi tantangan luar biasa bagi semua rider,” ungkap Ketua Tim Budi yakin mengenai medan yang dihadapi.

Namun, Budi bersyukur itu semua bisa dilampaui dengan baik. “Semua saling menyemangati, Road Captain, Martha Mufreni yang sangat berpengalaman, saling bahu membahu dengan Marshal, Rider dan Team Support. Menjaga ritme perjalanan, termasuk mengatur perhentian agar rider tetap bertenaga mengatasi beratnya medan.

Suplai minum dan makanan kecil tetap dijaga agar rider tidak dehidrasi. Hawa dingin pegunungan juga menerpa, tapi Rider nampaknya sudah siap segalanya, sebagian memakai jaket tipis, sebagian tetap mampu menjaga suhu tubuh dengan pergerakan yang meningkat kan suhu tubuh,” tambahnya.

Meski tantangan jalur mendaki berhasil diatasi, ternyata tantangan jalan turunan ikut menguji tim. Sekitar 12 Km menjelang Kota Parapat, jalan mulai menurun, dan kemudian berubah menjadi turunan cepat yang bisa membuat kecepatan tak terkendali. Bertepatan dengan hari weekend maka arus kendaraan kea rah Kota Parapat makin meningkat. Karenanya, Road Captain terus menjaga kendali kecepatan dan formasi, untuk memastikan keselamatan perjalanan.

Petang hari akhirnya tim memasuki kawasan Danau Toba. Di sini tim langsung disuguhi pemandangan yang luar biasa. “Kerlap kerlip lampu Kota Parapat dan refleksi ombak danau menjadi pemandangan indah bagai oase buat Goweser yang seharian diterpa siksaan panas dan tanjakan,” puji Ketua Tim Budi yakin dengan takjub.

Rekor Baru

Sampai hari kedelapan etape satu ini, tim Gowes Touring telah berhasil mengukir pencapaian jarak perjalanan bersepeda total lebih dari seribu kilometer. Jika dijumlahkan, hari pertama Sabang - Banda Aceh: 42 km (Rolling + pendakian 800 m elev +), hari kedua Banda Aceh - Sigli : 157 km (Rolling + pendakian 1700 m elev +), hari ketiga Sigli - Bireun : 114 km (flat), hari keempat Bireun - Takengon : 106 km (pendakian 2700 m elev +), hari kelima Takengon - Lhokseumawe : 126 km decent with 1700 m Elevation +, hari keenam Lhokseumawe - Langsa 162 km - flat 890 m Elevation +, hari ketujuh Langsa - Medan 165 km - flat 890 m Elevation +, dan hari kedelapan ini Medan-Parapat 180 Km maka total +/- 1055 Km.

“Bagi beberapa anggota Tim GTPN ini menjadi rekor baru. Alhamdulillah semuanya baik-baik saja.,” pungkas Ketua Tim Budi Yakin dengan wajah bahagia penuh syukur.

KEYWORD :

Gowes Pesona Nusantara Gowes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :