Jum'at, 19/04/2024 20:44 WIB

Kikan Luncurkan Single Berkibarlah Indonesia Karya Menaker

Perkenalan Menaker Hanif dengan Kikan sendiri diawali saat tampil bersama dalam acara Mata Najwa.  Tak lama setelah lagu Berkibarlah Indonesia selesai

Menaker M. Hanif Dhakiri bersama Kikan dalam peluncuran single Berkibarlah Indonesia, di XXI Plaza Senayan, Sabtu, 20/05/17.

Jakarta – Bertempat di Lounge XXI Plasa Senayan Jakarta, Sabtu malam,  20 Mei 2017, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, penyanyi Kikan meluncurkan single terbarunya yang berjudul "Berkibarlah Indonesia". Lagu bertema nasionalisme tersebut merupakan karya M. Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan RI.

Kikan mengaku, dirinya selalu terpanggil untuk menggugah semangat nasionalisme bangsa Indonesia, terutama di kalangan  anak muda. “Semoga lagu ini akan memperbanyak anthem nasionalisme,” kata Kikan saat peluncuran. Sebelumnya, pada 2002, Kikan yang saat itu masih bergabung dengan grup music Coklat sukses meluncurkan lagu Bendera karya Eros Sheila On 7. “Saya berharap, Berkibarlah Indonesia akan menggema diseluruh pelosok negeri”.

Hadir dalam acara peluncuran, Menteri Hanif menceritakan proses terciptanya lagu tersebut. Selama ini, ia telah menciptakan puluhan lagu dengan tema cinta dan religi. Namun, tiba-tiba pada September 2015, ia ingin menciptakan lagu bertema nasionalisme. “Saya membayangkan lagu itu menggema di stadium saat Timnas Sepakbola bertanding”, ujarnya. Atau lagu yang menggema tiap merayakan Hari Kemerdekaan RI. “Pulang kantor, malam hari, _genjrang genjreng_ main gitar sambil menulis lagu. Jadilah lagu  Berkibarlah Indonesia”.

Perkenalan Menaker Hanif dengan Kikan sendiri diawali saat tampil bersama dalam acara Mata Najwa.  Tak lama setelah lagu Berkibarlah Indonesia selesai, Menteri Hanif mengirimkan rekaman lagu yang diiringi petikan gitarnya sendiri ke Kikan, sekaligus menawarinya menjadikannya sebagai single. Tawaran itu diakuinya sebagai tawaran yang nekad, mengingat dirinya hanya suka mengarang lagu, namun tidak memiliki dasar kuat sebagai musisi, hanya bisa bermain gitar.

Dalam kesempatan tersebut, Kikan mengaku senang telah diberikan kepercayaan menyanyikan lagu milik seorang menteri. Kikan mengaku sempat tidak percaya, bahwa lagu itu diciptakan oleh Hanif. "Jujur pertama kali dengar `Ini benar nih mas Hanif yang bikin?` Sempat enggak percaya karena `kan dia menteri,” kata Kikan yang disambut tepuk tangan hadirin.

Kikan juga mengaku sempat berkeinginan rekaman lagu tersebut duet dengan penciptanya. Namun Menteri Hanif  menolaknya dengan alasan cukup menjadi pencipta saja, serta untuk menghindari kesan sebagai menteri sibuk bernyanyi.

Adib Hidayat, Pemimpin Redaksi Majalah  musik Rollingstones, mengaku antusias dalam peluncuran single terbaru Kikan ini. "Kita lama tidak punya lagu dengan tema nasionalis yang  dinyanyikan band Indonesia sekarang ini, saya harap lagu ini bisa jadi anthem persatuan di Indonesia."

Adapun lagu bergenre pop rock itu diproduseri dan diaransemen oleh duet Daniel Samarkand dan Fia Fellow. Mereka melibatkan Rama Moektio (drum), Rival Himran (bas), Pandu (gitar), Daniel (gitar), Fia Fellow (gitar), Fei Rahman dan Daniel (piano). Proses rekaman mulai dari mixing hingga mastering selesai pada April 2017 lalu.

Hadir dalam acara peluncuran antara lain Mentri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, Bimbim Slank, serta sejumlah tokoh penting dan musisi lainnya.

 

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :