Sabtu, 20/04/2024 15:58 WIB

Marwan: Keluarkan Surat Izin Berlayar untuk Nelayan Pantura

Permintaan Marwan ini terkait adanya keluhan para nelayan di Desa Api-api, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah.

Marwan Jafar saat melakukan silaturrahmi di Pekalongan, Jawa Tengah

Pekalongan—Bakal calon gubernur Jawa Tengah Marwan Jafar meminta kepada pihak terkait yang memiliki kewenangan untuk segera mengeluarkan surat ijin berlayar (SIB) bagi para nelayan di pantai utara jawa (pantura), terutama di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Permintaan Marwan ini terkait adanya keluhan para nelayan di Desa Api-api, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, saat melakukan silaturahin dengan nelayan, Minggu (21/5). Para nelayan mengeluhkan sulitnya mengurus surat izin berlayar, yakni Surat Ijin Usaha Perikanan (SIUP) dan Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI).

Salah satu nelayan, Sutoyo mengeluh bahwa, ia bersama nelayan lainnya kesulitan membuat dan mendapatkan surat izin berlayar setelah SIUP dan SIPI. Ia pun meminta kepada Marwan untuk bersama-sama mencarikan solusi agar para nelayan bisa melaut lagi. “Saya sudah tujuh bulan menganggur, gara-garanya surat ijin berlayar tidak dikeluarkan. Sudah susah tangkap ikan, ditambah makin sulit saja kita mengurus SIUP dan SIPI,” keluhnya.

Dia menambahkan selain sulitnya mendapat surat ijin, masa berlaku beberapa surat izin yang hanya 3 bulan membuat nelayan kesulitan memiliki legalitas untuk melaut. Padahal untuk melaut kapal nelayan membutuhkan setidaknya 14 jenis surat izin yang dikeluarkan oleh instansi terkait.

Keluhan para nelayan tersebut, langsung mendapat respon Marwan. Menurutnya tidak ada alasan pihak terkait yang berwenang mengeluarkan izin berlayar untuk tidak mengeluarkan ijin berlayar tetsebut.

“Ini kan kasihan nelayan, apalagi sampai mengganggur tidak melaut selama tujuh bulan hanya gara-gara tidak keluar surat ijinnya. Saya menuntut kepada pihak terkait untuk keluarkan surat ijin itu,” katanya.

Bukan hanya menuntut dikeluarkannya surat ijin berlayar, Marwan juga meminta secara langsung kepada tiga anggota perwakilan rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ikut hadir acara silaturahim dengan nelayan, masing-masing Bisri Romli (DPR RI), Sukirman dan Abdul Hamid (DPRD Provinsi Jateng) untuk menindaklanjuti keluhan para nelayan di Kabupaten Pekalongan.

“Saya minta khusus soal keluhan nelayan ini, didampingi dan ditindaklanjuti. Bantu mereka para nelayan, uruskan surat ijin berlayar supaya bisa melaut lagi,” katanya.

KEYWORD :

Marwan Jafar Jawa Tengah Nelayan Pantura




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :