Sabtu, 20/04/2024 11:37 WIB

INTERNASIONAL

Serangan Libya Selatan, 141 Tewas

Sedikitnya 141 orang yang sebagian besar tentara yang setia kepada Marsekal Libya Khalifa Haftar, tewas dalam serangan di pangkalan Udara selatan, pada Jumat (19/5)

Anggota Tentara Nasional Libya (LNA) menembakkan sebuah tank saat berperang melawan milisi di Qanfudah, di pinggiran selatan Benghazi, pada 14 Januari 2017. (Foto file: AFP)

Jakarta - Sedikitnya 141 orang yang sebagian besar tentara yang setia kepada Marsekal Libya Khalifa Haftar, tewas dalam serangan di pangkalan Udara selatan, pada Jumat (19/5)

"Korban serangan Kamis (18/5) terdiri dari warga sipil yang bekerja di pangkalan udara Brak al-Shati atau dan sejumlah yang berada didekat kawasan tersebut, kata Ahmad al-Mesmari dilansir Al arabiyah pada (20/5)

Utusan PBB untuk Libya mengutuk serangan milisi yang dicurigai di pangkalan udara di Selatan negara itu yang dilaporkan membunu tentara, warga sipil dan melukai puluhan lainnya.

Martin Kobler mengungkapkan kemarahannya pada Jumat. Ia mengatakan bahwa jika laporan tersebut benar, "serangan yang tidak beralasan terhadap pangkalan udara Buraq al-Shati", maka kejahatan tersebut dapat diadili oleh Pengadilan Pidana Internasional.

Tentara Libya, yang setia kepada parlemen yang berbasis di timur, menjanjikan sebuah "serangan" yang kuat terhadap serangan tersebut, yang diyakini telah dilakukan oleh milisi dari negara barat.

Libya mengalami kekacauan menyusul perang sipil 2011 yang menggulingkan dan membunuh orang kuat Moammar Gaddafi. Negara kaya minyak sekarang terbelah antara pemerintah saingan dan milisi.

KEYWORD :

Libya PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :