Sabtu, 20/04/2024 01:28 WIB

Laporan Dari Spanyol

Inilah Festival Islam Terbesar di Eropa

Festival Islam Mertola merupakan ajang penting bagi warga Muslim Eropa untuk bersilaturahmi dan meningkatkan kebersamaan, sekaligus menunjukkan nilai nilai Islam.

Suasana pembukaan Festival Islam Mertola 2017

Mertola - Festival Islam Mertola 2017 resmi dibuka pada Kamis (18/5) waktu setempat. Festival dua tahunan ini merupakan festival Islam terbesar di Eropa menjelang datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini. Kegiatan akan berlangsung hingga 21 Mei mendatang.

Acara pembukaan berlangsung meriah. Selain dihadiri para pejabat olokal dan tokoh muslim setempat, juga dihangatkan dengan penampilan musik dengan penari khas Afrika Utara yang dimainkan grup musik dari Sevilla. Dubes RI Yuli Mumpuni Widarso turut menghadiri acara ini untuk mendampingi awak media dari Indonesia yang diajak meliput festival ini oleh komunitas muslim Sevilla.

Festival tidak  hanya diikuti warga muslim di Mertola, kampung di wilayah Distrik Beja, Portugal yang berbatasan dengan Spanyol, namun juga warga muslim dari daerah sekitar. Termasuk dari daerah basis muslim di Spanyol seperti Sevilla, Cordoba dan Granada.

Berbagai pertunjukkan seni dan budaya serta konferensi Islam dihadirkan dalam ajang kali ini. Baik musik, teater maupun berbagai tarian khas Islam. Juga ada pameran berbagai produk dan kerajinan dan ragam gastronomi Islam.  

Stand pameran terlihat berderet sepanjang jalan mendaki menuju sebuah kastil kuno yang menyimpan berbagai artefak peninggalan masa kejayaan kerajaan masa Islam. Sebelum memasuki area kastil tua, ada gereja terawat rapi, yang sebelumnya adalah masjid.

Mertola merupakan kota kecil yang indah di pinggir sungai Guadiana. Festival ini menghadirkan nuansa abad 8 hingga 13 saat kota ini menjadi ibukota kerajaan Islam Taifa, sekaligus pelabuhan komerial penting yang menghubungankan Iberia dengan dengan Afrika Utara. Kehadiran perwakilan dari Spanyol pada festival iIslam dua tahunan ini juga menujukkan hubungan yang erat antara Taifa dengan Andalusia saat Kerajaan Islam berjaya di Eropa.

Kepala Urusan Pariwasata Distrik Beja, Antonio Ceia da Silva mengatakan, pihaknya mendukung Festival Islam Mertola karena mendukung perkembangan pariwisata di Portugal secara umum. “Kita berharap banyak turis teruatama dari luar Portugal yang datang ke Festival ini,” ujar Antonio.

Festival ini berlangsung mulai pukul 10 sampai 01 setiap harinya. Akhir pekan ini diperkirakan pengunjung dari Mertola dan sekitarnya akan tumplek memadati tempat Festival.

Khalid Nieve, tokoh muslim dari Sevilla mengatakan, Festival Islam Mertola merupakan ajang penting bagi warga Muslim Eropa untuk bersilaturahmi dan meningkatkan kebersamaan, sekaligus menunjukkan nilai nilai Islam kepada semua warga di Benua Biru. "Dengan festival yang dakui dan dihadiri pejabat pemerintah ini, kita juga merasa terlindungi sebagai umat beragama," ujar Khalid.

KEYWORD :

Festival Islam Kabar dari Spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :