Kamis, 18/04/2024 13:56 WIB

Jelang Ramadhan, Ini Kabar Baik LTM PBNU Bagi Pengurus Mesjid

Tujuan BBM berkah sebagai media menyapa warga Nahdliyin dalam bentuk pelayanan langsung bersih-bersih  masjid yang kemudian ditindak-lanjuti dengan pendampingan-pendampingan sesuai kebutuhan jamaah.

Peluncuran BBM Berkah

Jelang Ramadhan, Ini Kabar Baik LTM PBNU Bagi Pengurus Mesjid

 

Jakarta - Kabar baik bagi para pengurus takmir masjid di seluruh Indonesia. Sebab, Lembaga Takmir Masjid Pengurus Besar Nahdatul Ulama (LTM PBNU) akan gerakkan roda organisasi untuk membersihkan masjid secara serentak sampai pelosok desa. Aksi ini bertajuk BBM Berkah, yang artinya Bersih-Bersih Masjid Berkah.

“Program BBM Berkah serentak ini akan dilaksanakan 19-25 Mei. Tahun ini adalah pelaksanaan serentak pertama sejak program diluncurkan pada 2013 silam. Harapannya tentu saja semoga tahun-tahun  mendatang akan lebih baik lagi,” ungkap Ketua Program BBM_Berkah Ali Sobirin El-Muannatsy melalui rilis yang disebar ke media.

Menurut dia, dalam pelaksanaannya di daerah-daerah, LTM Pengurus Cabang NU akan menjadi motor penggeraknya. “Ini sebagai cara kami menyambut Bulan Suci Ramadhan sekaligus menyongsong satu abad Nahdlatul Ulama. LTM-PBNU mengajak segenap warga Nahdliyin, struktural dan kultural, untuk bergerak bersama-sama melakukan aksi BBM Berkah,” ucap Ali.

Tujuan BBM berkah, lanjutnya, sebagai media menyapa warga Nahdliyin dalam bentuk pelayanan langsung bersih-bersih  masjid yang kemudian ditindak-lanjuti dengan pendampingan-pendampingan sesuai kebutuhan jamaah. Kemudian melakukan revitalisasi peran dan fungsi masjid sebagai pusat pelayanan jamaah. Selanjutnya melakukan pembinaan generasi muda masjid dan menjaga masjid agar selamat dari kelompok-kelompok yang merongrong PBNU.

Ali menerangkan, BBM Berkah dirasa perlu dicanangkan karena sekarang di masyarakat sedang terjadi anomali budaya yang luar biasa. Di satu sisi semangat keberagamaan masyarakat meningkat, namun pada saat yang sama nilai-nilai prinsipil keagamaan terkesampingkan. Satu sisi semangat membangun masjid megah begitu luar biasa, namun pada saat yang sama  masjidnya sepi-sepi saja, terutama dari aktivitas pemuda. Kepentingan jiwa muda yang ekspresif dan petualang belum terakomodir oleh ideologi dan sistem manajemen kemasjidan sekarang.

“Masjid-masjid pun menjadi incaran strategis bagi persemaian paham yang anti PBNU yang selaras dengan pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI,” jelasnya.

Diakui Ali, sampai saat ini sudah ada beberapa LTM PCNU dan Tim BBM_Berkah di empat provinsi yang positif berpartisipasi. Mereka di antaranya di bawah koordinasi LTM PWNU Jawa Timur, LTM PWNU Jawa Barat, LTM PWNU Lampung, LTM PWNU Sulut,  Pagar Nusa Bali, dan Ansor Pekalongan.

“Intinya, melalui program ini kami ingin melakukan revitalisasi peran dan fungsi masjid sebagai pusat pelayanan jemaah. Menjadikan masjid sebagai tempat yang komunikatif bagi generasi muda Islam. Menghidupkan masjid sebagai tempat pewujudan misi Islam rahmatan lil ‘alamin, menjadi rahmat bagi seluruh makhluk. Meramaikan masjid sebagai tempat persemaian cinta dan kasih sayang kepada semua makhluk, dan memfungsikan masjid sebagai benteng PBNU,”  tandas Ali.

KEYWORD :

LTM PBNU BBM Berkah Mesjid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :