Rabu, 24/04/2024 23:12 WIB

Sidang Penetapan Awal Ramadhan Digelar 26 Mei

Kemenag akan menetapkan kapan jatuhnya umat muslim Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Gedung Kementerian Agama RI (foto: Jurnas)

Jakarta – Sidang Itsbat (penetapan) awal Ramadhan 1438 H akan berlangsung pada 26 Mesi mendatang. Melalui mekanisme sidang itsbat tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) akan menetapkan kapan jatuhnya umat muslim Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Akan dilaksanakan pada Jumat, 26 Mei 2017 di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama,” kata Plt Dirjen Bimas Islam Kamarrudin Amin usai rapat persiapan di Jakarta, Rabu (17/5) dikutip dari website Kemenag.

Kamarrudin menjelaskan, sidang itsbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institue Teknologi Bandung (ITB), Planetariun Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

“Ini merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan ormas islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” ujar Amin.

Proses sidang akan dimulai pada pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posis hilal menjelang awal Ramadhan. Adapun proses sidang dijadwal setelah Salat Maghrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

“Sidangnya tertutup, sebagaimana itsbat awal Ramadhan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang,” terangnya.

KEYWORD :

Kementerian Agama Sidang Itsbat Ramadhan 1438




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :