Kamis, 25/04/2024 08:47 WIB

INTERNASIONAL

Jurnalis Meksiko Protes Pembunuhan Javier Valdez

Wartawan Meksiko melakukan protes atas pembunuhan salah satu rekannya. Mereka meminta pemerintah mengambil tindakan secara tegas.

Javier Valdez

Jakarta - Wartawan Meksiko melakukan protes atas pembunuhan salah satu rekannya. Mereka meminta pemerintah mengambil tindakan secara tegas.

Jurnalis pemenang penghargaan, Javier Valdez, diketahui telah ditembak mati pada Senin (17/5), tak jauh dari kantornya di negara asalnya, Sinaloa. Valdez telah menghabiskan karirnya menyelidiki kartel obat bius dan telah berulang kali mendapat ancaman.

Valdez adalah sekian dari beberapa wartawan yang tewas terbunuh di Meksiko tahun ini. Solidaritas atas tewasnya wartawan berprestasi terebut lantas dikumandangkan. Di Mexico City, pada Selasa (16/5), para pemrotes menulis "Mereka membunuh kami dan bukan untuk didiamkan", sebuah ungkapan yang dimaklumatkan untuk korban Valdez di jalanan samping monumen kemerdekaan di jalan raya utama, Paseo de la Reforma.

Mereka yang berada di sana bersama melakukan rally sambil memegang foto Valdez. Judith Calderon Gomez, kepala kelompok pelobi jurnalis Casa de los Derechos de Periodistas, mengatakan kepada mereka yang hadir bahwa tuntutan yang dipenuhi hanya terjadi pada 0,03% kasus. Jadi, tak perlu berharap banyak.

Para pemrotes meminta pemerintah menjamin keamanan jurnalisme di negara ini. Juan Paullier dari BC Mundo yang sesekali bertemu dengan Valdez, mengatakan, "Valdes adalah pria yang menawan, berani dan dihormati dan kematiannya adalah kerugian besar bagi jurnalisme yang diperangi Meksiko," kata Judith Calderon Gomez dilansir BBC

"Ia juga menceritakan kisah dan impian para korban. Di sebuah negara dimana kekebalan hukum adalah norma, satu-satunya kepastian adalah kasus yang seperti ini tidak akan berhenti," tambahnya.

Menyusul tewasnya jurnalis oleh kartel narkoba itu, media berita Meksiko Animal Politico dan Tercera Via melakukan pemogokan pada Rabu (17/5) sebagai bentuk protes pembunuhan tersebut, dan risiko yang terus berlanjut kepada wartawan. Pekan lalu, Meksiko menunjuk seorang jaksa baru untuk menyelidiki kejahatan terhadap kebebasan berekspresi termasuk pembunuhan wartawan.[]

KEYWORD :

Kejahatan Jurnalis Meksiko protes Wartawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :