Selasa, 23/04/2024 17:17 WIB

Komnas HAM Bantah Akan Periksa Rizieq di Luar Negeri

Komnas HAM saat ini diakui Nurkholis tidak memiliki anggaran untuk meminta keterangan lebih lanjut bagi korban HAM yang berada di luar negeri.

Rizieq Shihab

Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memberikan klarifikasi soal pernyataan salah satu komisionernya, Natalius Pigai terkait pemeriksaan Rizieq Shihab di luar negeri. Ketua Komnas HAM Nurkholis menegaskan bahwa itu bukanlah sebuah pernyataan resmi.

“Pernyataan dan langkah-langkah Natalius Pigai tersebut adalah pernyataan yang sifatnya pribadi, tidak mewakili lembaga Komnas HAM,” ujar Nurkholis dalam siaran pers, Jumat (12/5) sore.

Komnas HAM saat ini diakui Nurkholis tidak memiliki anggaran untuk meminta keterangan lebih lanjut bagi korban HAM yang berada di luar negeri. Apalagi, untuk memutuskan permintaan keterangan harus melalui sidang paripurna.

“Hingga saat ini belum ada pembicaraan terkait isu ini pada sidang paripurna Komnas HAM,” kata Nurkholis.

Sementara menanggapi pernyataan Natalius Pigai, Nurkholis menjamin Komnas HAM akan melakukan langkah-langkah disipliner. “Sidang paripurna Komnas HAM akan merespon dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga harkat dan martabat kelembagaan atas pernyataan dan tindakan Natalius Pigai melalui pembentukan Dewan Etik,” ucapnya.

Sebelumnya, Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mantap terbang ke luar Arab Saudi untuk menemui Rizieq Shihab. Keputusan itu, kata Natalius berdasarkan laporan Presidium Alumni 212 terkait rangkain teror dan intimidasi yang menyasar Rizieq.

KEYWORD :

Komnas HAM Natalius Pigai Rizieq Shihab




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :