Sabtu, 20/04/2024 03:24 WIB

Mengenal Bachelet, Presiden Perempuan Chile Dua Periode

Ia bahkan didapuk sebagak presiden perempuan pertama di negara Amerika Latin tersebut.

Presiden Chile, Veronica Michelle Bachelet Jeria

Jakarta – Bachelet bukan politikus biasa. Pemilik nama lengkap Veronica Michelle Bachelet Jeria ini sudah memimpin Chile selama dua periode. Ia bahkan didapuk sebagak presiden perempuan pertama di negara Amerika Latin tersebut.

Sebagai kader Partai Sosialis, Bachelet mengawali karir politiknya sebagai Menteri Kesehatan dan Menteri Pertahanan di era Presiden Ricardo Lagos (2000-2006). 11 Desember 2005 ia pun maju sebagai calon presiden, dan meraih suara mengalahkan pesaingnya Sebastian Pinera. Bachelet dilantik pada 11 Maret 2006.

Masa jabatannya berakhir pada 2010. Lawan Bachelet, Pinera sukses menduduki posisi kursi nomor satu hingga 2014 lalu. Namun, semangat memimpin masih mendominasi dirinya, sehingga Bachelet kembali maju di pemilihan presiden untuk kali kedua pada akhir 2013.

Keputusan Bachelet tak salah. Ia kembali menduduki kursi Presiden Chile periode 2014 hingga 2018 mendatang. Selain didaulat sebagai presiden perempuan pertama Chile, kini Bachelet juga memiliki titel sebagai presiden kedua yang bisa menjabat lebih dari satu kali, setelah Arturo Alessandri pada 1938.

Hari ini (12/5) Presiden Bachelet dan Presiden RI Joko Widodo, melakukan pertemuan di Istana Merdeka. Agenda kenegaraan itu diharapkan membawa angin segar bagi perekonomian kedua negara. Sebagaimana rilis Kementerian Luar Negeri, Bachelet dan Jokowi dijadwalkan akan membahas kerjasama ekonomi, perdagangan, kelautan dan perikanan, serta sosial budaya.

KEYWORD :

Chile Bachelet Jokowi Tokoh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :