Kamis, 25/04/2024 21:10 WIB

Tiba di Indonesia, Presiden Chile Singgah ke Makam Pahlawan

Agenda presiden wanita asal Amerika Latin tersebut adalah peletakan karangan bunga.

Iring-iringan rombongan Presiden Chile ke TMP Kalibata, Jumat (12/5)

Jakarta – Presiden Chile Veronica Michelle Bachelet Jeria tiba di Indonesia, Jumat (12/5) pagi. Rombongan kenegaraan tersebut langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo beserta anak-anak berpakaian adat yang membawa bendera kedua negara, di Istana Merdeka pada pukul 10.00 WIB.

Pasca bertemu dengan Jokowi, Bachelet didampingi pengamanan kenegaraan langsung bergerak menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) di Kalibata, Jakarta Selatan. Agenda presiden wanita asal Amerika Latin tersebut adalah peletakan karangan bunga.

Selama dua hari berada di Indonesia, Bachelet dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI, serta menghadiri seminar KADIN RI – Chile. Tujuannya, kedua negara diharapkan dapat meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan, kelautan dan perikanan, serta sosial budaya.

“Kunjungan tersebut memiliki arti penting sejalan dengan prioritas RI untuk meningkatkan akses pasar bagi produk-produk Indonesia di pasar prospektif di wilayah Amerika Selatan,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dalam siaran persnya.

Chile merupakan mitra dagang terbesar ketiga bagi Indonesia di kawan Amerika Selatan. Rencana Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) antara RI dan Chile, memiliki potensi meningkatkan perdagangan bilateral, investasi, serta menjadikan Chile sebagai hub bagi produk-produk Indonesia dalam memasuki pasar Amerika Selatan.

Pada 2016 lalu, volume perdagangan kedua negara mencapai 227 juta dolar atau Rp3,02 triliun dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 60,5 juta dolar atau Rp800 miliar.

KEYWORD :

Presiden Chile Jokowi Kunjungan Kenegaraan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :