Jum'at, 19/04/2024 18:39 WIB

Moon Jae In Presiden Baru Korea Selatan

Moon Jae In yang merupakan kandidat dari partai Demokrat resmi jadi Presiden Korea Selatan setelah unggul telak dari para rivalnya

Moon Jae In Menyalami Supporternya

Seoul - Moon Jae In yang merupakan kandidat dari partai Demokrat resmi jadi Presiden Korea Selatan setelah unggul telak dari para rivalnya. Moon berhasl meraih 41,4% suara, diikuti Hong Jun Pyo 23,3% dan Ahn Cheol Soo 21,8%.

Kemenangan Moon ini juga telah diakui oleh seluruh kandidat lainnya. Moon telah mendeklarasikan kemenangannya dan naik panggung untuk memberikan pidatonya.

"Terima kasih, ini merupakan kemenangan yang luar biasa, terima kasih atas suport yang diberikan untuk membuat negara ini bersatu, saya juga berterima kasih pada kandidat presiden lain yang telah berjalan bersama dalam pemilihan ini, dan akan berjuang bersama untuk membangun Korea Selatan yang lebih baik," ungkap Moon.

Moon Jae In yang merupakan anak pengungsi Korea Utara, dulunya merupakan seorang pengacara HAM yang memutuskan untuk menjadi politisi liberal.

Tidak seperti pemerintahan sebelumnya yang menekankan sanksi dan bersikap tegas terhadap negara rival. Dalam kebijakannya ia lebih mengutamakan dialog untuk mengatasi ketegangan yang terjadi dengan negara tetangga Korut, Moon juga memilih untuk membatasi kekuasaan para konglomerat.

Dia juga menyatakan akan kembali mereview sistem misil THAAD yang telah dipasang minggu lalu, dan akan mempertimbangkan kembali perlunya program itu.

KEYWORD :

Korea Selatan Moon Jae In




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :