Jum'at, 19/04/2024 22:47 WIB

Menyedihkan, Dua Juta Anak Sudan Kelaparan

Lebih dari 1 juta anak telah melarikan diri ke luar wilayah Sudan Selatan sementara satu juta lainnya ada di dalam negeri dengan keadaan terlantar.

Ilustrasi

Kigali - Perang dan kelaparan telah memaksa lebih dari dua juta anak di Sudan Selatan meninggalkan rumah mereka. Kondisi yang  menciptakan krisis pengungsi yang paling mengkhawatirkan di dunia.

Perang saudara di negara penghasil minyak itu dimulai dua tahun setelah mereka merdeka dari Sudan, ketika Presiden Salva Kiir memecat wakilnya pada 2013. Pertarungan yang diikuti perpecahan negara di sepanjang garis etnis, memicu hiperinflasi dan menjerumuskan negara ke dalam bencana kelaparan, menciptakan krisis pengungsi terbesar di Afrika sejak genosida Rwanda 1994.

"Tidak ada krisis pengungsi hari ini yang membuat saya khawatir lebih dari Sudan Selatan," kata Valentin Tapsoba, kepala UNHCR untuk pengungsi Afrika dalam sebuah pernyataan.

Di negara berpenduduk 12 juta orang itu, hampir tiga dari empat anak di setiap tempat tidak bersekolah. Menurut UNHCR dan badan PBB untuk anak-anak UNICEF. Lebih dari 1 juta anak telah melarikan diri ke luar wilayah Sudan Selatan sementara satu juta lainnya ada di dalam negeri dengan keadaan terlantar.

Badan-badan tersebut mengatakan bahwa lebih dari seribu anak terbunuh dalam pertempuran, angka sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi. Tidak ada jumlah korban tewas yang akurat tersedia untuk Sudan Selatan, satu dari beberapa negara terbelakang di dunia.

Banyak pengungsi Sudan Selatan telah melarikan diri ke negara tetangga seperti Uganda, Kenya, Sudan atau Ethiopia, negara yang sudah berjuang untuk menyediakan cukup makanan dan sumber daya untuk kebutuhan populasi mereka sendiri. Ant/Reuters

KEYWORD :

Krisis Timteng Pengungsi Anak Sudan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :