Kamis, 25/04/2024 02:55 WIB

Internasional

Transaksi Nyawa, Lima Komandan Boko Haram Ditukar 82 Siswa

Pertukaran tersebut belum banyak diterangkan oleh Presiden Muhammadu Buhairi.

Pasukan Boko Haram

Nigeria – Adanya pertukaran tahanan dibenarkan oleh pemerintah Nigeria. Negara terpaksa membebaskan lima komandan kelompok teroris Boko Haram dengan 82 siswi dari Sekolah Chibok. Pertukaran tersebut belum banyak diterangkan oleh Presiden Muhammadu Buhairi.

Dikutip dari Belfast Telegraph, sebanyak 113 anak masih belum ditemukan pasca penculikan 276 bocah perempuan oleh Boko Haram pada 2014 silam. Sehari sebelum pembebasan, sempat seorang gadis lolos dari cengkraman Boko Haram, lalu menceritakan kondisi anak-anak korban penculikan.

“Beberapa teman sekelas meninggal karena sakit. Yang lainnya tidak mau pulang karena mereka telah diradikalisasi oleh penculik,” kata wanita yang tidak disebutkan namanya itu.

Tahun lalu, 21 gadis Chibok juga sukses dibebaskan. Mereka langsung menerima pengobatan dan konseling selama berbulan-bulan, demi menghilangkan trauma. Hal yang sama juga akan diberlakukan untuk 82 anak tersebut.

“Para siswi yang baru dibebaskan harus segera dibawa ke keluarga mereka, dan tidak dikenai hukuman penjara,” tulis Belfast mengutip pernyataan Amnesty International.

KEYWORD :

Boko Haram Afrika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :