Sabtu, 20/04/2024 12:07 WIB

Menteri ESDM Resmikan 24.000 unit Jaringan Gas Surabaya,

Menurut Jonan, sesuai kebijakan pemerintah, gas diprioritaskan untuk listrik dan rumah tangga sederhana.

Menteri ESDM Ignasius Jonan

Surabaya - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan 24.000 unit sambungan jaringan gas rumah tangga di Kota Surabaya, yang dibiayai menggunakan dana APBN 2016 senilai Rp221,9 miliar.

"Pemanfaatan gas ini menghemat pengeluaran biaya satu rumah tangga sekitar Rp20 ribu per bulan," katanya saat peresmian jaringan gas rumah tangga di Rumah Susun Penjaringan Sari, Rungkut, Surabaya, Minggu.

Menurut Jonan, sesuai kebijakan pemerintah, gas diprioritaskan untuk listrik dan rumah tangga sederhana. Dan Pemerintah akan terus mendorong dan mempercepat program konversi elpiji ke gas bumi.

Karena, kata Menteri Jonan, setiap tahunnya pemerintah mengeluarkan dana APBN untuk menambah jaringan gas bumi di berbagai daerah. Pembangunan jaringan gas tersebut ditujukan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah agar mereka dapat menikmati gas bersih dan aman setiap saat dengan harga yang relatif murah.

"Dana APBN harus digunakan untuk membangun sesuatu yang memang dibutuhkan oleh masyarakat paling bawah," kata Jonan.

Pasokan gas untuk kebutuhan rumah tangga di Surabaya berasal dari PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore sebesar 0,6 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). dan total pipa yang dibangun untuk mengalirkan gas bumi ke 24.000 rumah tangga di Surabaya mencapai lebih dari 196 kilometer.

KEYWORD :

Kementerian ESDM Ignasius Jonan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :