Jum'at, 19/04/2024 11:23 WIB

Menlu RI-AS Bahas Perdamaian Palestina-Israel

Menlu RI menegaskan bahwa prinsip solusi dua negara (Two State Solution) menjadi dasar dari tercapainya perdamaian antara Palestina dan Israel.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Rex Tillerson (Foto: Getty)

Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson di Washington DC pada 4 Mei 2017. Kedua Menlu membahas rencana dan komitmen Pemerintah AS untuk mendorong kembali proses perdamaian antara Palestina dan Israel.

Dalam pertemuan itu, Menlu RI menegaskan bahwa prinsip solusi dua negara (Two State Solution) menjadi dasar dari tercapainya perdamaian antara Palestina dan Israel. "Indonesia akan terus melakukan apapun yang Indonesia bisa untuk menyaksikan negara Palestina berdiri sejajar dan hidup berdampingan dengan negara lainnya di Timur Tengah," ujar Menlu Retno dalam keterangan pers Kemenlu, Sabtu (6/5).

Selain membahas soal upaya perdamaian Israel-Palestina, Menlu RI dan AS juga membahas situasi dan perkembangan di kawasan, khususnya situasi di semenanjung Korea. Retno menekankan bahwa konflik terbuka di Semenanjung Korea tidak akan menguntungkan siapapun dan hanya akan menggangu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang dirasakan manfaatnya selama ini oleh masyarakat di kawasan Asia dan Pasifik.

Dia juga menegaskan agar semua langkah harus diambil secara terukur agar tidak menganggu keamanan, perdamaian dan stabilitas kawasan. "Indonesia secara konsisten, meminta Korea Utara untuk mematuhi semua Resolusi Dewan Keamanan PBB terkait denuklirisasi dan menekankan agar mengedepankan proses dialog dalam menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea," kata Retno. Ant

KEYWORD :

Menlu RI Menlu AS Perdamaian Palestina Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :