Kamis, 25/04/2024 17:57 WIB

Ini Tujuan Berita Hoax

Maraknya berita hoax atau informasi palsu melalui media sosial (Medsos) belakangan ini bukan keisengan semata-mata. Tapi punya tujuan, apa saja?

Ketum PPP Romahurmuziy

Jakarta - Maraknya berita hoax atau informasi palsu melalui media sosial (Medsos) belakangan ini bukan keisengan semata-mata. Melainkan, memiliki tujuan dan target tertentu. Apa saja?

Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengatakan, penyebaran berita hoax ke ruang publik memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk sekedar menciptakan dan menebarkan permusuhan.

"Kenapa menciptakan dan menebarkan permusuhan, karena memang ada sebagian komponen anak-anak bangsa kita yang hidup dari menebar permusuhan seperti memancing di air keruh," kata Romi, Jakarta, Sabtu (6/5).

Kedua, lanjut Romi, tujuannya adalah sekedar mencari uang. Dimana, sejumlah pihak yang menebarkan informasi palsu hanya semata mencari keuntungan.

"Kenapa dia diupah untuk menanggung keuntungan dari menebar berita buruk. Jadi, menebarkan berita baik upahnya tidak sama dengan menebarkan berita buruk," jelasnya.

Yang terakhir, kata Romi, tujuannya menciptakan Indonesia yang tidak stabil. "Dia ingin Indonesia ini tidak stabil, dia ingin paham-paham yang ada di Indonesia ini saling menyalahkan dan ujung-ujungnya adalah pertengakaran sesama anak bangsa," tegasnya.

KEYWORD :

Gerakan Radikalisme PPP Romahurmuziy Berita Hoax




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :