Sabtu, 19/10/2019 16:20 WIB

Cegah KDRT, Pemerintah India Hadiahi `Kayu` Untuk Mempelai Wanita

Tak hanya itu kayu tersebut juga bertuliskan

pemebrian kayu kepada mempelai wanita pada acara pernikahan di India

Pradesh - Pemerintah India memiliki cara unik untuk mencegah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan memberikan kayu yang berbentuk dayung kepada mempelai wanita saat peosesi pernikahan sebagai senjata jika suami mereka menjadi pecandu alkohol atau bertindak kasar. Sebanyak 700 kayu yang diserahkan kepada pengantin wanita pada pernikahan massal yang diselenggarakan negara bagian Madhya Pradesh.

Tak hanya itu kayu tersebut juga bertuliskan "digunakan untuk memukuli pemabuk dan polisi tidak akan ikut campur`. Hal itu dimasukkan agar para istri tidak takut menghukum sang suami jika berniat mengasarinya lantaran adanya jaminan dari pihak kepolisian untuk tidak mengadili jika terdapat istri yang memukuli pasangan karena alasan tersebut.

Gopal Bhargava, menteri negara bagian Madhya Pradesh mengungkapkan pemberian ini bukanlah alat untuk mmprovokasi sang istri untuk bertindak kasar kepada suami, melainkan hanya tindakan jaga-jaga andai sang suami hendak menganiaya mereka.

"Tidak ada niat untuk menghasut mereka (pengantin wanita) melakukan kekerasan tapi hanya untuk mencegah kekerasan," ungkap Gopal.

Gopal juga menambahkan pemeerintah telah mendistribusikan sekitar 10.000 kayu kepada perempuan yang baru menikah di India. Langkah ini ditempuh pasalnya banyak wanita di India yang mengalami KDRT yang terus bertambah tiap tahunnya.

TAGS : KDRT Hadiah Kayu India




TERPOPULER :