Sabtu, 20/04/2024 18:25 WIB

Mbah Gotho, Manusia 146 Tutup Usia. Apa Saja Keunikannya?

Empat bulan yang lalu, dia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-146.

Sodimejo, kakek yang diduga tertua asal Sragen.

Sragen – Sodimejo alias Mbah Gotho yang mengaku lahir pada 31 Desember 1870 tutup usia. Padahal empat bulan yang lalu, dia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-146. Usia yang tidak bisa dimiliki oleh manusia pada umumnya.

Almarhum sebenarnya sempat mendapatkan perawatan di RSUD Dr Soehadi Prijonegoro, Sragen sejak 12 April lalu. Namun, karena kesehatannya terus menurun, Mbah Gotho akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Minggu (30/4) pukul 17.45. Prosesi pemakaman pun dilakukan di Kompleks Pemakaman Tanggung, Dusun Grasak, Desa Plumbon, Kecamatan Sawungmacan, Sragen Jawa Tengah keesokan harinya (1/5).

Selama hidup, Mbah Gotho punya keunikan tersendiri. Manusia 146 tahun tersebut sudah lama ingin segera tutup usia, lantaran tidak ada kawan sebanyanya yang masih hidup hingga sekarang. Bahkan pada 1992 silam, Mbah Gotho pernah menyiapkan batu nisan, yang akan ia gunakan ketika meninggal nanti. Tak hanya nisan, jas dan peti mati pun sudah Mbah Gotho siapkan sejak 23 tahun yang lalu.

“Jas disiapkan sejak 1994. Kalau peti mati dulu hanya disiapkan kayunya. Sampai sekarang masih belum dibikin peti. Akhirnya kami beli,” kata Suryanto, cucu Mbah Gotho.

Mbah Gotho dikaruniai lima anak, 25 cucu, 27 cicit dan 12 canggah. Saat suatu ketika ia ditanyai berapa jumlah istrinya, Mbah Gotho malah tertawa dan mengaku lupa sudah berapa kali dia beristri.

Banyak orang yang tidak percaya Mbah Gotho mencapai usia 146 tahun. Meski demikian, ia berkukuh pernah menyaksikan peresmian pabrik gula Gondang Sragen, yang menurut catatan sejarah berdiri pada 1880. Pada saat itu pun Mbah Gotho mengaku sudah bisa membantu ayahnya membajak di sawah. Artinya, ia sudah berumur 10 tahun ke atas.

Namun, untuk mengetahui detail kelahiran Mbah Gotho, pada 10 April lalu sebuah tim dokter asal Amerika mengumpulkan sampel darah, urine dan gigi Mbah Gotho untuk serangkaian tes DNA. Jika benar, Mbah Gotho lahir pada 31 Desember 1870, maka ia secara otomatis akan menjadi manusia tertua di dunia, melamapui capaian kakek asal Jepang yang meninggal di usia 112 tahun.

KEYWORD :

Mbah Gotho Manusia Tertua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :