Kamis, 25/04/2024 22:44 WIB

Internasional

Giliran Thailand dan Singapura Ditelepon Trump

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus meluaskan pengaruhnya di Asia untuk menekan program nuklir Korea Utara (Korut)

Trump dan Kim Jong-Un

New York – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus meluaskan pengaruhnya di Asia untuk menekan program nuklir Korea Utara (Korut). Setelah menjalin kerjasama yang apik dengan Jepang, Korea Selatan dan China, baru-bari ini Trump diketahui menelepon pemimpin Thailand dan Singapura.

“Dia (Trump) berdiskusi soal menjaga hubungan diplomatik dan ekonomi untuk menekan Korut. Kedua negara itu ditelepon secara terpisah dan diundang untuk datang ke Washington,” kata salah satu pejabat AS kepada Reuters, Senin (1/5).

Sebelum mengundang Thailand dan Singapura, Trump juga mengundang Presiden Filipina Rodrigo Duterte datang ke Gedung Putih pada Minggu (30/5). Sedangkan satu minggu sebelumnya pemimpin China dan Jepang sudah terlebih dahulu diajak berdiskusi dengan orang satu di AS tersebut.

“Kami butuh kerjasama dengan banyak negara di wilayah yang ingin kami pastikan semua berjalan dengan baik,” ujar Staf Gedung Putih dikutip dari ABC.

“Sehingga jika Korea Utara melakukan sesuatu, kami bisa bersiap-siap bersama para sekutu untuk mengambil tindakan,” tandasnya.

KEYWORD :

Korea Utara Perang Dunia Nuklir Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :