Sabtu, 20/04/2024 04:32 WIB

China Sukses Uji Coba Pesawat Amfibi Terbesar

Pesawat tersebut  mampu menarik beban 12 ton di perairan dalam waktu 20 detik dan mampu mengangkut 370 ton air yang ditampung dalam satu tangki.

Pesawat Amfibi AG600 buatan China

Jakarta - Pemerintah China berhasil menguji coba pesawat Amfibi terbesarnya, AG600 yang kali pertama di Kota Zhuhai. Uji coba yang merupakan bagian dari persiapan sebelum terbang perdana itu, masih terus tahap pemeriksaan.

Amfibi buatan China Aviation Industry General Aircraft dilansir media setempat menyebutkan, dirancang sebagai pesawat amfibi terbesar di dunia, AG600 yang panjangnya 37 meter dengan rentang sayap 38,3 meter itu mampu tinggal landas dengan daya angkut 53,5 ton.

Pesawat tersebut  mampu menarik beban 12 ton di perairan dalam waktu 20 detik dan mampu mengangkut 370 ton air yang ditampung dalam satu tangki. Juga kemampuan manuver yang bagus dan daya jelajah yang relatif luas.

AG600 tersebut bisa digunakan dalam tugas kemaritiman, pemadaman kebakaran hutan, dan pemantauan pelestaian kawasan lingkungan kelautan. Saat ini, telah menerima pesanan pesawat jenis AG600 tersebut sebanyak 17 unit.

Sebelumnya, China juga meluncurkan kapal induk buatan dalam negeri di Dalian, Provinsi Liaoning pada pekan lalu. Sebelumnya lagi, juga meluncurkan pesawat kargo Tianzhou-1 ke ruang angkasa untuk persiapan pembangunan laboratorium antariksa.

Dilansir Ant, pesawat penumpang bermesin jet C919 buatan Commercial Aircraft Corp of China juga tinggal menunggu waktu untuk terbang perdana setelah berhasil melalui serangkaian uji coba.

KEYWORD :

Amfibi AG600 China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :