Rabu, 24/04/2024 08:14 WIB

Info Ketenagakerjaan

Menaker: Peluang TKI Masuk ke Uni Eropa Cukup Besar

Pertemuan bulan Februari lalu dengan duta besar dari negara-negara Uni Eropa meruapakan langkah awal menambah negara tujuan para TKI, yang selama ini hanya berada di negara timur tengah dan Asia

Menteri Hanif Dhakiri

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri mengatakan, peluang tenaga kerja Indonesia (TKI) merambah ke negara Uni Eopa mulai terbuka. Pasalnya,  kebutuhan akan pekerja di negara-negara tersebut mulai meningkat. Sehingga ini merupakan kesempatan bagi WNI yang ingin bekerja di luar negeri.

"Banyak peluang tenaga kerja Indonesia di Eropa, apalagi Eropa sekarang lagi mengalami problem, misalnya kebutuhan mereka untuk perawat katakanlah, itu cukup besar," ungkap Menaker.

Pertemuan bulan Februari lalu dengan duta besar dari negara-negara Uni Eropa meruapakan langkah awal menambah negara tujuan para TKI, yang selama ini hanya berada di negara timur tengah dan Asia. Namun menurut Hanif langkah ini harus didukung dengan adanya sumber daya yang berkualitas dan butuh banyak kesiapan seperti kesiapan mental, dan khususnya penguasaan bahasa asing. 0

Demi mempersiapkan tenaga kerja yang profesional Menaker menambahkan akan fokus pada skema penempatan (bekerja atau magang), sertifikasi profesi, kesetaraan upah, jaminan perlindungan tenaga kerja, dan kontrak Kerja. Dan juga akan benyak melakukan pelatihan-pelatihan kerja untuk para TKI yang minat untuk itu.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :