Kamis, 25/04/2024 12:07 WIB

Info Ketenagakerjaan

Pemagangan Salah Satu Solusi Masalah Pengangguran

Meski demikian, Hanif mengingatkan bahwa para peserta magang bukan berarti bakal bekerja pada perusahaan tersebut. Mereka hanya didik bekerja sesuai standar perusahaan kemudian diberi sertifikat.

Menaker

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri menganggap program pemagaman bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah pengangguran. Pasalnya saat ini tercatat ada 3,47 juta lulusan SMA/sederajat yang menganggur. Apalagi 2,79 juta pengangguran lainnya adalah lulusan SMP. Dan sisanya dari lulusan SD dan tidak sekolah.

"Di sekolah hanya diajarkan teori, sehingga program pemagangan ini sangat penting untuk membentuk tenaga kerja yang terampil," kata Hanif.

Meski demikian, Hanif mengingatkan bahwa para peserta magang bukan berarti bakal bekerja pada perusahaan tersebut. Mereka hanya didik bekerja sesuai standar perusahaan kemudian diberi sertifikat sebagai bekal mencari pekerjaan sehingga mudah untuk mendapatkan kerjaan nantinya. Lantaran mereka sudah memiliki keahlian dan pengalaman dalam bekerja.

Menaker juga menambahkan bahwa tenaga kerja yang dimiliki Indonesia saat ini, banyak yang belum memiliki keterampilan khusus. Akibatnya, mereka sering kalah bersaing dengan para pekerja dari luar. Agar mereka mendapat posisi-posisi yang strategis dalam sebuah perusahaan, mereka harus dididik memiliki keterampilan khusus.

"Sudah saatnya kita memiliki tenaga kerja yang terampil, apalagi Indonesia diprediksi akan menjadi negara terbesar ketujuh di dunia dalam bidang ekonomi pada 2030," tambahnya.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :