Rabu, 24/04/2024 14:08 WIB

Info Ketenagakerjaan

Menaker: Pelatihan TKI Sangat Penting Sebelum ke Luar Negeri

Menurut Hanif, Pemerintah Indonesia juga terus melakukan negosiasi ke negara-negara luar agar menjadikan PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) sebagai tenaga profesi.

Menaker

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri mengungkapkan pentingnya pelatihan bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebelum berangkat ke luar negeri. Pasalnya, pemerintah menginginkan sumber daya manusianya memilki keahlian, sehingga TKI masuk sebagai kategori tenaga profesional.

"Pemerintah akan terus mendorong peningkatan tenaga kerja yang mempunyai keahlian tertentu sehingga memiliki kualitas sebagai pekerja profesional," ujar Menteri Hanif.

Menurut Hanif, Pemerintah Indonesia juga terus melakukan negosiasi ke negara-negara luar agar menjadikan PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) sebagai tenaga profesi. "Diketahui bahwa pekerjaan domestik itu juga sudah bisa menjadi profesi," kata Hanief.

Hanif juga menegaskan bahwa pemerintah akan serius menangani persoalan TKI. Tak hanya mengenai kualitas sumber dayanya, namun pemerintah juga akan terus mengawasi agen perusahaan jasa TKI yang selama ini memberi fasilitas untuk bekerja di luar negeri agar tak ada persoalan-persoalan seperti TKI Ilegal yang banyak dialami WNI di luar negeri.

"Pemerintah akan serius menangani persoalan TKI, baik itu menyangkut soal kasus, menyangkut perbaikan tata kelola, dan perlindungan," tandas Hanif.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :