Sabtu, 20/04/2024 20:01 WIB

Tiga Bank BUMN Dicaplok "Naga"

Tiga Bank BUMN, Mandiri, BRI, dan BNI disebut sedang dalam incaran China.

Tiga Bank BUMN, Mandiri, BRI, dan BNI

Jakarta - Bank BUMN/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Tiga Bank BUMN, Mandiri, BRI, dan BNI disebut sedang dalam incaran China. Hal itu membuktikan bahwa BUMN yang selama ini dalam penguasaan IMF beralih ke China.

Demikian disampaikan Anggota Komisi VI DPR Abdul Wachid, kepada wartawan, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/4). Menurutnya, sejak orde baru intervensi asing terhadap sejumlah perusahaan BUMN memang sudah terjadi.

Intervensi terhadap BUMN yang selama ini dilakukan IMF, kata Wachid, mulai beralih ke China. Dimana, Bank China memberikan pinjaman kepada tiga bank plat merah itu.

"BUMN di negara kita sejak Orde Baru di caplok buaya yang namanya bandar IMF. Keluar dari mulut IMF masuk ke mulut naga saat ini," kata Wachid.

Hal itu menanggapi adanya informasi melalui pesan berantai lewat aplikasi WhatsApp soal tiga bank plat merah yakni Mandiri, BNI dan BRI sedang dalam incaran China.

Kata Wachid, pihaknya sudah menaruh curiga terkait incaran China terhadap tiga Bank BUMN itu. Sebab, Menteri BUMN tidak mau hadir dalam Raker dengan Komisi VI DPR yang membidangi BUMN.

"BUMN akan semakin tidak bisa terkontrol oleh DPR," tegasnya.

Diketahui, tiga Bank BUMN, yakni Mandiri, BRI, dan BNI memang telah menandatangani kesepakatan pinjaman dengan China Development Bank dengan total US$ 3 miliar atau setara Rp 43,28 triliun.

KEYWORD :

Tiga Bank BUMN China Bank BUMN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :