Jum'at, 24/03/2017 09:08 WIB

Ada Dua Nama Perempuan Besar Jadi Pembina YCG

Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) Linda Gumelar akhirnya resmi dikukuhkan menjadi pembina Koalisi Anak Muda untuk Anak Perempuan.

Nina Sardjunani (kiri) dan Linda Gumelar (kanan)

Jakarta – Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) Linda Gumelar akhirnya resmi dikukuhkan menjadi pembina Koalisi Anak Muda untuk Anak Perempuan (Youth Coalition for Girl atau YCG).

Namun, Linda tidak akan sendirian mengurus YCG, sebab dirinya akan berduet dengan Ketua Tim Sekretariat SDGs Indonesia, Nina Sardjunani.

Linda memaparkan banyak agenda besar yang harus dikejar oleh YCG selaku organisasi anak muda, di antaranya masalah kekerasan seksual, pernikahan usia anak, human trafficking, hingga kekerasan pada anak. Dengan demikian, pasca YCG resmi terbentuk, perempuan yang kini menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) itu mengajak 80 pengurus YCG segera berkoordinasi untuk merumuskan program selanjutnya.

“Mereka dapat melakukan hal-hal konkrit seperti sosialisasi di lingkungan sendiri, keluarga, teman, dan pemerintah daerah. Khusus untuk pemerintah daerah, teman-teman YCG dapat dijadikan mitra dalam menyelesaikan kasus-kasus yang terkait dengan anak dan atau anak perempuan,” kata Linda kepada Jurnas.com, usai menghadiri hari ulang tahun (HUT) Plan International ke-80, Senin (20/3), di Jakarta.

Sedangkan Nina Sardjuani berharap lahirnya YCG dapat menjadi peluang tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs) poin ke-5, yakni terwujudnya kesetaraan antara laki-laki dan perempuan di Indonesia. Sehingga, kata Nina, tindak kekerasan dan pandangan minor terhadap kaum perempuan dapat diminimalisir.

“Salah satu target dalam SDGs itu adalah menghilangkan praktek pernikahan usia anak. Jadi, jika mereka bisa mendukung upaya untuk mencapai target tersebut, maka ini akan jadi sebuah hal yang sangat membahagiakan,” terang Nina.

Terbentuknya YCG diinisiasi oleh Plan International Indonesia lewat penasihat muda (Youth Advisory) Plan. Fokus organisasi ini meliputi adalah memperjuangkan hak-hak anak, khususnya anak perempuan di Indonesia.

“Dalam lima tahun target kita satu juta anak muda perempuan Indonesia bisa terberdayakan dan setara,” ujar Presiden YCG, Dina Chaerani.

TAGS : Plan Indonesia YCG Linda Gumelar Nina Sardjunani




TERPOPULER :

TERKINI

Penderita Kanker Ini Terharu, Saat Beyonce Telepon Video

Penyakit yang dideranya, menjadi perhatian rekan sekolahn...

Kumpulan Lawyer Bentuk Tim Anti Kecurangan Pilkada

Tim yang beriai para lawyer secara khusus ini akan mengan...

Kata Fahri, KPK Preman Kampung

Meski disebut-sebut dalam kasus suap pajak, Wakil Ketua D...

Negara-Negara Ini Kibarkan Bendera Inggris Demi Tunjukkan Kepedulian

Selain itu, beberapa aksi kemanusiaan lain tengah dijalan...

Setya Novanto Panik Ditanya Kasus e-KTP

Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) mulai panik dan geram ke...

Temui Aksi, Anies Tak Klarifikasi Soal Over Budgeting

Anies dinilai tidak memberikan klarifikasi terkait over b...