Rabu, 24/04/2024 12:54 WIB

PERSI Gandeng Aqua Tingkatkan Kualitas Air Rumah Sakit

Air bersih nan berkualitas adalah salah satu faktor penting bagi rumah sakit untuk mendukung keselamatan pasien.

Penandatanganan Kerjasama PERSI dan Aqua Disaksikan Oleh dr. Andi Saguni Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan KEMENKES RI

Jakarta - Air bersih nan berkualitas adalah salah satu faktor penting bagi rumah sakit untuk mendukung keselamatan pasien. Berdasarkan ketentuan akreditasi nasional bidang Fasilitas Manajemen Keamanan (FMK) setiap rumah sakit diharuskan memiliki surat jaminan kualitas air.

Ketersediaan air bersih berkualitas di rumah sakit juga penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi dan sanitasi pasien, serta untuk keperluan sterilisasi dan pengoprasian alat medis seperti ventilator, suction, oksigen/nebulator, pencucian linen dan lain sebagainya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan John Hopkins Bloomberg School of Public Health pada 2016 lalu, menunjukkan bahwa satu per tiga dari 430 rumah sakit di 19 negara berkembang masih kekurangan air bersih.

Hal itu berpotensi menjadi sebab terjadinya kontaminasi bakteri seperti, Legionella sp, Pseudomonas aeruginosa, nonttubercolous mycobacteri dan berbagai bakteri lainnya.

Kontaminasi itu dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti paru-paru, disentri, tifus, kolera, dan hepatitis A.

Untuk mencegah terjadinya kontaminasi Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) berkolaborasi bersama Aqua selaku produsen air minum dalam kemasan (AMDK) yang memiliki pengalaman dalam masalah penyediaan air berkualitas untuk meningkatkan kualitas air di rumah sakit Indonesia.

"PERSI memiliki visi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan RS Indonesia, salah satu poin untuk merelalisasikannya adalah dengan mengelola dan mengawasi kualitas air," ujar ketua umum PERSI, dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes.

Sementara ini program kerjasama antara PERSI dan Aqua ini diharapkan dapat menyasar 200 rumah sakit dan dapat menjangkau 10 ribu tenaga medis serta 20 ribu pasien pada tahun pertamanya.

"Dalam kerjasama ini kami tidak hanya memberikan edukasi dalam pengelolaan dan pengawasan air bersih di rumah sakit, kami juga akan menyampaikan edukasi seputar pentingnya hidrasi berkualitas bagi masyarakat guna mewujudkan Indonesia yang lebih sehat," tegas Leila Djafar, Vice President General Secretary Danone Indonesia

Kedua belah pihak berharap program ini tidak hanya menyadarkan para pelaku dan pengolah rumah sakit namun juga meningkatkan daya saing dan mutu RS Indonesia sehingga setaraf dengan RS di negara maju.

KEYWORD :

PERSI Aqua Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :