Jum'at, 24/03/2017 09:08 WIB

Penambangan Karst di Gunung Kendeng Dampaknya Merusak

Jawa Tengah seharusnya menjadi lumbung pangan karena daya tampung pulau Jawa itu tidak lagi mendukung untuk kegiatan eksploitasi seperti pabrik semen.

Gunarto, petani asal Kudus yang ikut aksi untuk Kendeng.

Jakarta - Aksi yang dilakukan oleh para petani dari Blora, Rembang, Pati, Grobogan dan Kudus ini sudah kedua kalinya. Aksi cor kaki pertama telah dilakukan pada April 2016 lalu, dan untuk aksi yang kedua telah dimulai pada 13 Maret 2017 lalu. Aksi cor kaki ini dilakukan untuk memrotes Gubuernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah menerbitkan izin lingkungan baru untuk pendirian pabrik semen.

Salah satu tuntutan para petani Kendeng adalah menghentikan segala aktivitas PT Semen Indonesia di Rembang. Keluarnya izin lingkungan baru yang diteken oleh Ganjar Pranowo membuat aktivitas pembangunan pabrik semen kembali lancar tak terhalang.

Menurut Gunretno, yang telah lama mengawal aksi para petani Kendeng, bahwa aksi protes yang dilakukan oleh para petani itu bukan semata-mata bertujuan untuk memeprtahankan hak hidup petani di Kabuapten Rembang saja. Namun, kata pria berkumis yang acap berpakaian hitam itu, juga demi kelestarian lingkungan alam di Jawa Tengah.

"Jawa Tengah seharusnya menjadi lumbung pangan karena daya tampung pulau Jawa itu tidak lagi mendukung untuk kegiatan eksploitasi seperti pabrik semen," jelas Gunretno di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, pada Minggu (19/3) kemarin.

Aktivitas penambangan di kawasan pegunungan Kendeng disinyalir memiliki dampak yang sangat merusak bagi keberadaan sumber air di pegunungan tersebut. Menurut tim Kajian Lingkugan Hidup Strategis (KLHS), pada kesimpulan awalnya telah menyebutkan bahwa Kawasan Cekungan Air Tanah Watu Putih di Kendeng merpakan kawasan karst yang harus dilindungi dan tidak boleh ditambang.

Langkah hukum yang pernah ditempuh oleh para petani Kendeng hingga ke meja Mahkamah Agung telah dimenangkan gugatannya oleh para petani Kendeng pada Oktober tahun 2016 lalu. Namun, dengan dikeluarkannya izin lingkungan baru oleh Ganjar Pranowo pada Februari 2017, membuat para petani Kendeng perlu khawatir akan keberadaan air tanah dan kelestarian lingkungan di sekitarnya.[]

TAGS : gunung kendeng ganjar pranowo aksi cor kaki




TERPOPULER :

TERKINI

Penderita Kanker Ini Terharu, Saat Beyonce Telepon Video

Penyakit yang dideranya, menjadi perhatian rekan sekolahn...

Kumpulan Lawyer Bentuk Tim Anti Kecurangan Pilkada

Tim yang beriai para lawyer secara khusus ini akan mengan...

Kata Fahri, KPK Preman Kampung

Meski disebut-sebut dalam kasus suap pajak, Wakil Ketua D...

Negara-Negara Ini Kibarkan Bendera Inggris Demi Tunjukkan Kepedulian

Selain itu, beberapa aksi kemanusiaan lain tengah dijalan...

Setya Novanto Panik Ditanya Kasus e-KTP

Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) mulai panik dan geram ke...

Temui Aksi, Anies Tak Klarifikasi Soal Over Budgeting

Anies dinilai tidak memberikan klarifikasi terkait over b...