Selasa, 25/04/2017 23:19 WIB

Gagal Panen, Harga Keripik Kentang Di Jepang Meroket Hingga 6x Lipat

Karena krisis kentang di Jepang, salah satu perusahaan keripik kentang terbesar yakni Callbe memutuskan untuk berhenti memproduksi keripik kentang sampai waktu yang tidak ditentukan.

Rak-rak Di Supermarket Jepang Kosong Setelah Warga Borong Keripik Kentang (Foto: Munchies.Vice)

Jakarta - Karena krisis kentang di Jepang, salah satu perusahaan keripik kentang terbesar yakni Callbe memutuskan untuk berhenti memproduksi keripik kentang sampai waktu yang tidak ditentukan.

Nextshark melansir, keputusan perusahaan Callbe untuk menghentikan produksi keripik kentang ini muncul setelah Jepang dilanda krisis kentang karena badai yang menghancurkan sebagian besar tanaman kentang para petani Jepang.

Badai yang menimpa daerah Hokkaido itu menyebabkan gagal panen terburuk yang pernah dialami Jepang dalam 34 tahun terakhir. Pengumuman tersebut membuat kericuhan bagi warga Jepang.

Warga berbondong-bongong membeli dan menyimpan sebanyak mungkin keripik kentang, dan membuat banyak supermarket kehabisan stok, hal itu juga menyebabkan meroketnya harga makanan tersebut.

Satu bungkus Keripik kentang Callbe, yang biasanya dijual dengan harga $2 setara Rp28 ribu kini mencapai harga jual sampai $12 setara Rp158 ribu di toko online.

Juru bicara perusahaan Callbe, Rie Makuuchi mempertimbangkan untuk impor kentang dari Amerika Serikat, opsi lain adalah untuk mendorong para petani di pulau Kyushu untuk memanen tanaman kentang mereka lebih awal.

Banyak netizen yang bereaksi terhadap krisis ini, mereka baru menyadari bahwa warga Jepang sangat kecanduan dengan keripik kentang. Meski problem utama terpusat pada produksi keripik kentang, banyak restauran yang kemungkinan besar juga akan terpengaruh dengan kelangkaan bahan pangan ini.

TAGS : Jepang Keripik Kentang




TERPOPULER :

TERKINI

Lagi, Bale Menepi Empat Pekan

Cedera kali membuatnya absen hingga enam pekan selama Apr...

KPK Bidik Bos Gajah Tunggal Tbk Sjamsul Nursalim

Dalam kasus itu, BDNI milik Sjamsul Nursalim mendapat SKL...

Kecewa Wasit, Toure Ingin Derby Manchester Tanpa Wasit

Menyusul kekalahan Manchester City kontra Arsenal di Pial...

Program Pembangkit Listrik 35.000MW Jalan Terus

perkiraan capaian 19.000-20.000 MW pada 2019 disesuaikan ...

Menaker Ingin Perayaan May Day Punya Daya Tarik Wisata

Menaker merasa heran karena meski jumlah keikutsertaan bu...

Sky Train Bandara Soetta Datang Pertengahan Mei

Menjelang Lebaran, jalur antara Terminal 2 dan 3 sudah bi...