Jum'at, 24/03/2017 09:06 WIB

Tak Penuhi Kebutuhan, Kalbar Masih Datangkan Sapi Dari Madura

Abdul Manaf Mustafa menyampaikan, konsumsi protein hewani per kapita provinsi Kalimantan Barat sebesar 2,61 kg/kapita/thn

Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Abdul Manaf Mustafa

Jakarta - Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Abdul Manaf Mustafa menyampaikan, konsumsi protein hewani per kapita provinsi Kalimantan Barat sebesar 2,61 kg/kapita/thn.

Dari besar konsumsi protein hewani tersebut, masing-masing terdiri dari daging ayam, daging babi dan telur yang telah swasembada. "Kebutuhan daging di Kalbar sebanyak 82.989 ton dengan kontribusi dari Unggas sebanyak 55.602 ton (67%), Babi sebesar 15.846 ton (19 %), Sapi 7.636 ton (9,2 % ), Kambing sebesar 3.863 ton (4.7%), Lain-lain sebesar 42 ton (0,1%)," kata Abdul Manaf Mustafa melalui rilis dari Humas PKH.

Sedangkan populasi sapi saat ini masih kecil, berdasarkan data statistik peternakan Provinsi Kalbar tahun 2015, sebanyak 156.943 ekor dengan jumlah pemotongan sebesar 53.611 ekor, sehingga untuk pemenuhan kebutuhan, sekitar 38% dipenuhi dari sapi bakalan yang didatangkan dari pulau Madura Jawa Timur. Untuk itu, Pemerintah Daerah Provinsi Kalbar saat ini terus berusaha untuk meningkatkan populasi sapi di tingkat peternak.

Pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Tanjung Pura di Pontianak, Sabtu (18/3), hadir pula perwakilan dari perusahaan asuransi Jasindo Kabupaten Kubu Raya. Untuk itu, Dirjen PKH mengajak para peternak untuk dapat memanfaatkan sebaik mungkin bantuan premi asuransi yang sudah diluncurkan Pemerintah sejak tahun 2016.

TAGS : Kalbar Swasembada protein PKH




TERPOPULER :

TERKINI

Penderita Kanker Ini Terharu, Saat Beyonce Telepon Video

Penyakit yang dideranya, menjadi perhatian rekan sekolahn...

Kumpulan Lawyer Bentuk Tim Anti Kecurangan Pilkada

Tim yang beriai para lawyer secara khusus ini akan mengan...

Kata Fahri, KPK Preman Kampung

Meski disebut-sebut dalam kasus suap pajak, Wakil Ketua D...

Negara-Negara Ini Kibarkan Bendera Inggris Demi Tunjukkan Kepedulian

Selain itu, beberapa aksi kemanusiaan lain tengah dijalan...

Setya Novanto Panik Ditanya Kasus e-KTP

Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) mulai panik dan geram ke...

Temui Aksi, Anies Tak Klarifikasi Soal Over Budgeting

Anies dinilai tidak memberikan klarifikasi terkait over b...