Rabu, 16/08/2017 20:13 WIB

Politikus PAN: Politik Tidak Bisa Dipisahkan dari Uang

Viva Yoga menyampaikan hal itu sekaligus menanggapi adanya wacana pembiayaan parpol oleh dana negara.‎

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi

Jakarta - Dalam sistem demokrasi di Indonesia uang dan politik merupakan serangkaian bagian yang tidak bisa terpisahkan. Meski menjadi dilema demokrasi, keduanya memiliki hubungan yang erat.

Demikian disampaikan Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi dalam diskusi "Partai Politik dan Budaya Korupsi" di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/4/2017). Dikatakan Viva Yoga, partai politik merupakan bagian penting dalan menjalankan proses demokrasi. Sedangkan uang merupakan sumber yang bisa untuk mempengaruhi proses politik terutama di Indonesia.

‎"Di Indonesia dilema pseudo demokrasi alias demokrasi semu karena soal uang dalam demokrasi berada di posisi vital dan signifikan. Politik tidak bisa dipisahkan dari uang. Sebenarnya, hubungan politik dan uang ada yang baik-baik saja ada juga yang tidak. Dilema demokrasi menjadi demokrasi semu karena dari oleh dan untuk rakyat tidak jadi bagian yang teguh tetapi lebih dipengaruhi uang," kata Viva.

Viva Yoga menyampaikan hal itu sekaligus menanggapi adanya wacana pembiayaan parpol oleh dana negara.‎ Viva sendiri menyambut baik wacana tersebut yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009. Sebab, dinilai Viva Yoga, pembiayaan parpol dari negara baik untuk membuat parpol menjadi mandiri secara finansial sehingga tidak lahi bergantung pada per-orangan atau sekelompok orang yang berkepentingan saja.

"Dalam hal ini, KPK merekomendasikan parpol lebih baik disubsidi oleh negara sesuai PP 5/2009. Kalau kemudian di biayai negara, nanti presentasinya disesuaikan dengan keuangan negara maka akan memsastikan parpol itu mandiri, tdk disandera olh org atau kelompok yg punya kekuangan yg bisa mempengaruhi keterlibatan" tandas Viva Yoga.

TAGS : Politik Uang Viva Yoga Mauladi PAN




TERPOPULER :

TERKINI

Garap Video Terbaru BTS Big Hit Gandeng JYP dan SM Entertainment

BTS baru saja merilis teaser video mereka namun sudah ban...

Video Klip Ini Bikin Andien Teteskan Air Mata

Penyanyi Andien Aisyah sempat meneteskan air mata saat pe...

Doakan Jokowi Gemuk, Tifatul: Saya Amati Makin Kurus

Jokowi didoakan semakin gemuk sebab ia dinilai semak...

Agar Peserta Pelatihan BLK Dijamin Kerja, Ini caranya

Salah satu upaya menekan angka pengangguran, Kementerian ...