Selasa, 26/03/2019 05:17 WIB

Telur Dinosaurus Puluhan Juta Tahun Ditemukan di China

Cangkang telur-telur itu, kata para ilmuwan, mengalami kerusakan yang beragam. Bahkan isi telur sudah kosong.

Fosil Telur Dinosaurus

China – Sebuah fosil telur dinosaurus diperkirakan berusia 70 juta tahun,  ditemukan di Fosha, Provinsi Guandong, China. Lima telur yang terkubur delapan meter di bawah lapisan pasir itu diduga berasal dari periode Cretaceous (red, Priode Kapur), yakni masa 145 hingga 65 juta tahun yang lalu.

“Kami menemukan lima telur, tapi tiga di antaranya hancur karena terlalu rapuh. Dua lagi masih bisa bawa ke laboratorium dan museum untuk bisa disaksikan,” kata ilmuwan Institut Arkeologi Guangdong, Qiu Licheng.

Cangkang telur-telur itu, kata para ilmuwan, mengalami kerusakan yang beragam. Bahkan isi telur sudah kosong, alias terisi penuh oleh tanah. Inilah yang menyebabkan telur sulit diidentifikasi secara persis kapan keluar dari induknya.

“Dua telur lainnya masih menempel di batu. Dengan bentuknya tampak bulat, kami yakin itu telur milik Dinasurus Phytophagus (red, dinosaurus pemakan tanaman),” tambahnya dikutip dari Science Alert, Senin (24/4). Saat ini, fosil telur sudah dipindahkan ke museum setempat demi kepentingan penelitian para ahli.

Ini bukan kali pertama telur dinosaurus ditemukan di China. Pada 1980-an, sebanyak 43 telur makhluk pra-sejarah itu didapati di Provinsi Heyuan.

TAGS : Unik Arkeologi Dinosaurus




TERPOPULER :