Sabtu, 20/04/2024 02:12 WIB

Gempa Tasik Tidak Berdampak Kerusakan

Gempa berkekuatan sedang (m=5) pusat gempa di kedalaman 63 km, sehingga getaran gempa menyebar luas di wilayah Jawa Barat.

Ilustrasi Gempa

Tasikmalaya - Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter, berpusat di Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/4) dini hari WIB, tidak berdampak kerusakan meski goyangannya dirasakan hampir seluruh Jawa Barat. Demikian diinformasikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan laporan dari Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, gempa terjadi pukul 01.01.10 WIB berlokasi di 8.10 derajat Lintang Selatan, 107.86 derajat Bujur Timur (58 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 13 km). "Berdasarkan peta guncangan gempa dari data akselerograf, gempa Tasikmalaya dirasakan manusia yang tidak sedang tidur (gempa jam 1 dini hari), di seluruh Jawa Barat, guncangan dirasakan seperti ada truk lewat dekat kita (skala II MMI), gempa tersebut tidak berdampak kerusakan," kata Toni Wijaya, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung.

Menurut Tony, karena gempa berkekuatan sedang (m=5) pusat gempa di kedalaman 63 km, sehingga getaran gempa menyebar luas di wilayah Jawa Barat. Seperti Sumedang, Bajar, Pangandaran, dan Kabupaten Bandung.

Secara resmi Pusat Gempa dan Tsunami BMKG menjelaskan, sebagian selatan wilayah Jawa diguncang gempa tektonik kekuatan 5,0 SR pusat gempa terletak pada koordinat 8.10 derajat LS dan 117.86 derajat BT tepatnya di Samudra Hindia pada jarak sekitar 58 km arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, pada kedalaman hiposenter 63 km.

Bedasarkan hasil analisa peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada II skala intensitas gempa bumi BMKG (SIG-BMKG) atau II-III skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Tasikmalaya, Sumedang, kemudian dirasakan SIG-BMKG (II MMI) di wilayah Banjar, Pangandaran, Kabupaten Bandung dan Garut. Ant

KEYWORD :

Gempa Tasik gempa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :