Kamis, 25/04/2024 15:13 WIB

Kapal Petikemas Terbesar Pertama Akhirnya Berlabuh di Indonesia

Menurut Direktur Utama PT Pelindo II/IPC Elvyn G Masassya kapal milik perusahaan Perancis itu memiliki rute langsung Jakarta-West Coast (Los Angeles dan Oakland) dan sebaliknya

Kapal CMA CGM Otello saat berlabur di tanjung Priok

Jakarta - CMA CGM Otello, kapal asal Perancis ini mencetak sejarah dengan menjadi kapal petikemas terbesar pertama yang berlabuh di Indonesia. Kapal dengan panjang 334,07 meter ini mampu melakukan bongkar muat yang kapasitasnya lebih dari 8.500 TEUs. Rencananya, kapal konteiner ini akan melayani pengangkutan barang jalur Indonesia hingga ke Los Angeles, Amerika.

Menurut Direktur Utama PT Pelindo II/IPC Elvyn G Masassya kapal milik perusahaan Perancis itu memiliki rute langsung Jakarta-West Coast (Los Angeles dan Oakland) dan sebaliknya. Kapal itu akan menempuh selama 23 hari  perjalanan PP Indonesia-Amerika. Tak hanya itu, kapal CMA CGM Otello setiap pekannya akan bersandar di Tanjung Priok karen asekitar 50 armada sudah disiapkan untuk melayani hal itu. 

"Ini merupakan kedatangan yang ketiga kali sejak Sembilan April 2017, dan akan terus menerus berlanjut tiap pekannya. Kami berharap dengan adanya kapal ini bisa menyelesaikan permasalahan yang dialami para pengusaha Indonesia, khusunya dalam masalah jangka waktu pengiriman barang," ujar Elvyn dalam acara penyambutan CMA CGM Otello di pelabuhan Tanjung Priok.

Senada dengan Elvyn, Jeans-Yves Duval senior Vice President CMQ CGM Asia Indoneisa mengungkapkan dukungannya kepada Indonesia untuk meningkatkan pengembangan jaringan dalam bidang kemaritiman. Dirinya berharap dengan adanya kapal Tenker ini, Indonesia dapat bersaing dalam pasar dunia.

"Kami akan menyediakan 17 rangkaian kapal yang tergabung dalam layanan service Java Sea Express. Dimana kami akan mengirimkan mulai dari 1200 TEUs dari Indonesia ke Los Angeles. Namun hal ini takkan terwujud tanpa adanya kerjasama yang kooperatif dengan PT Pelindo selama ini,".

CMA CGM Otello dikabarkan akan melayani pengangkutan ekspor dan impor barang seperti mebel, garmen dan lainnya untuk jalur Indonesia hingga Amerika.

KEYWORD :

CMA CGM Otello Kapar Terbesar Pelindo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :