Jum'at, 26/04/2024 04:33 WIB

Penggalangan Dana Pembangunan Mesjid Sevilla Di-Launching 28 April

Pembangunan Mesjid Agung di Sevilla penting sebagai bagian dari mengokohkan eksistensi Islam di Spanyol.

Delegasi Yayasan Mesjid Sevilla bersama Wakil Duta Besar Indonesa untuk Spanyol (KBRI Madrid) Adi Priyanto (tengah) saat makan siang dengan beberapa wartawan di Jakarta, Sabtu (22/4).

Jakarta - Kampanye penggalangan dana pembangunan Mesjid Sevilla lewat program A Tile of Sevilla akan di-launching di Jakarta, Jumat 28 April mendatang mulai sore hari hingga malam. Sejumlah artis papan atas diantaranya Dewi Sandra dan Oki Setiana Dewi akan memeriahkan acara kampanye di tiga negara (Indonesia, Malaysia, SIngapura) tersebut.

“Acara akan dimeriahkan Dewi Sandra dan Oki Setiana Dewi. Juga akan hadir ustadz Yusuf Mansur,” ujar Wakil Ketua Yayasan Mesjid Sevilla, Ibrahim Hernandez di sela-sela makan siang dengan media di Jakarta, Sabtu (22/4).

Ibrahim menegaskan, pembangunan Mesjid Agung di Sevilla penting sebagai bagian dari mengokohkan eksistensi Islam di Spanyol, sekaligus mensyiarkan dan menunjukkan nilai-nilai toleransi keislaman di negeri matador dan benua biru. Apalagi, secara historis, Sevilla merupakan salah satu daerah pusat peradaban Islam di masa kerjaan Andalusia namun saat ini belum ada masjid besar di Kota tersebut. Masjid Agung itu nantinya tidak hanya akan dimanfaatkan sebagai tempat shalat, tapi juga sarana untuk menyiarkan dan menyosialisasikan ajaran Islam pada masyarakat Spanyol. Dibutuhkan dana lebih dari 20 juta euro.

Kedatangan ke Indonesia kali ini merupakan yang ketiga dilakukan Ibrahim. Kali ini ia datang bersama tiga rekannya, Muhsin Siera, Malik dan Luqman Nielu. Nama yang disebut terakhir merupakan hafiz dari Negeri Matador dan ini yang pertama kali ia berkunjung ke Indonesia dan Asia Tenggara. Kedatangan mereka ke Indonesia didampingi Wakil Duta Besar Indonesia untuk Spanyol (KBRI Madrid), Adi Priyanto.

Jika sebelumnya Ibrahim dkk telah menemui sejumlah tokoh dan pejabat Indonesia, seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menpora Imam Nahrawi, pimpinan NU dan Muhammadiyah, kali ini untuk mempersiapkan launching penggalangan dana, mereka juga telah bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI Fachri Hamzah pada Kamis (20/4) dan sedang menunggu jadwal untuk bertemu Ketua MPR  Zulkifli Hasan.

Seperti diketahui, kampanye penggalangan dana untuk menuntaskan pembangunan masjid Sevilla juga dilakukan di Malaysia. Jika di Malaysia, Yayasan Mesjid Sevilla  menggandeng LSM "Ukhwah for Ummah", sementara di Indonesia didukung oleh LSM "Aksi Cepat Tanggap" (ACT).

KEYWORD :

Mesjid Sevilla Spanyol Yayasan Mesjid Sevilla




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :