Jum'at, 19/04/2024 11:57 WIB

Waspada! Ini Hal Yang Dapat Membuat Anda Mandul

Ilustrasi (foto;NetralNews)

Setiap orang pasti tak mengiginkan kemandulan terjadi padanya. Karena hasrat untuk memiliki keturunan adalah harapan hampir semua orang yang telah berumah tangga. Tapi bagaimana jika kenyataannya Anda atau pasangan mengalami kemandulan, sehingga tak bisa memiliki seorang anak. Anda pasti akan sangat terbebani dengan hal itu, bahkan bisa membuat hubungan perkawinan Anda akan terganggu.

Sebelum itu terjadi, sebaiknya Anda mengetahui mengenai hal-hal yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Anda dapat menyebabkan kemandulan, sebagaimana dikutif pada Bustle yaitu sebagai berikut:

Merokok

Mungkin Anda sudah belum mengetahui bahwa merokok dapat menyebabkan kemandulan pada diri Anda. Resiko kemandulan terbesar terjadi pada perokok aktif dibandingkan perokok pasif. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 60 persen dari wanita yang merokok mengalami kemandulan. Bukan hanya menyebabkan kemandulan, tapi dapat mengganggu kehamilan seseorang dan beresiko keguguran.

Cahaya Buatan

Biasanya ketika seseorang hendak beranjak ke tempat tidur, dia akan memainkan handphonenya dalam kegelapan, sehingga cahaya diperoleh hanya dari handphone tersebut. Tapi taukah Anda bahwa cahaya tersebut dapat mengganggu kesuburan Anda. Hal ini dikarenakan cahaya tersebut akan mempengaruhi produksi tubuh kita atau melatonin (hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang membuat kita mengantuk).

Berat Badan

Berat badan yang berlebih juga berisiko membuat Anda menjadi mandul, atau mengganggu kesuburan Anda. Dr Francisco Arrendondo, seorang pakar reproduksi dan kesuburan, mengungkapkan bahwa berat badan yang sehat adalah dimana tubuh Anda dapat melakukan fungsinya dengan baik yaitu dapat hamil dan memiliki ruang untuk calon anak Anda. Jika memiliki berat badan lebih, maka itu bisa menghambat kehamilan Anda.

Terlalu Banyak Olahraga

Berolahraga memang baik untuk kesehatan dan dapat membantu kesuburan Anda. Tapi taukah Anda bahwa olahraga yang berlebihan akan malah merusak system reproduksi Anda. Oleh karena itu, aturlah waktu olahraga Anda.

Alkohol

Meminum alkohol disaat hamil dapat mengganggu kehamilan Anda, dan berpotensi untuk merusak janin Anda. Ketika meminum alkohol secara berlebihan sangat berisiko membuat Anda menjadi mandul. Bukan hanya terjadi pada wanita, melainkan alkohol juga dapat mempengaruhi kualitas sperma pada laki-laki, sehingga menyebabkan kemandulan.

KEYWORD :

Life Style Kemandulan Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :