Minggu, 25/06/2017 22:31 WIB

2.250 Mahasiswa Akan Meriahkan PIONIR VIII di Aceh

Event dua tahun sekali itu akan berlangsung di Universitas Ar-Raniry Banda Aceh pada 25 April sampai 1 Mei 2017.

Dirjen Pendis Kamarrudin Amin (tengah) bersama Direktur Diktis Nizar Ali (kanan)

Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) kembali menggelar Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke-8. Kali ini, event dua tahun sekali itu akan berlangsung di Universitas Ar-Raniry Banda Aceh pada 25 April sampai 1 Mei 2017.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kamarrudin Amin mengatakan sebanyak 55 perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) negeri akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Ada 2.250 mahasiswa yang berasal dari 55 PTKI negeri se-Indonesia, terdiri dari 11 UIN, 32 IAIN, dan 12 STAIN. Nanti juga ditambah dengan 360 official dan rombongan,” kata Kamarrudin di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (21/4).

Kamarrudin menambahkan terdapat empat kategori yang akan meramaikan PIONIR ke-8. Yakni bidang Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset. Untuk bidang ilmiah misalnya, ada empat cabang perlombaan, yaitu Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Makalah Qur’ani (MMQ) dan Musabaqah Qiraatul Qutub (MQK). Dan di kategori ilmiah, bidang yang diperlombakan meliputi Karya Tulis dan Karya Inovatif Mahasiswa.

Sedangkan untuk kategori olahraga, ada sepuluh cabang yang bisa diikuti oleh peserta. Antara lain, Futsal, Sepak Takraw, Voli, Tenis Meja, Catur, Pencak Silat, Karate, Basket, Panjat Dinding, dan Bulutangkis.

“Di bidang seni kami memasukkan lomba Musabaqah Tilawatih Al-Qur’an, Musabaqah Hifzil Qur’an, Kaligrafi, Pop Solo Islami, Desain dan Peragaan Busana Muslim, Puitisasi Al-Qur’an, Marawis, dan Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ). Jadi Qur’an tidak cukup dibaca dan dihafal, kali ini juga disyarah,” ujar Kamarrudin.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Nizar Ali mengungkapkan selain terdapat beberapa cabang olahraga yang baru kali ini dibuka, uniknya acara ini akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menuju panggung kehormatan menggunakan gajah.

“Menteri Agama, Gubernur Aceh, dan Rektor UIN Ar-Raniry direncanakan menaiki gajah menuju panggung kehormatan tempat dilaksanakannya upacara pembukaan PIONIR ke-8,” tandasnya.

TAGS : PIONIR Kementerian Agama




TERPOPULER :

TERKINI

Kemenangan Rossi yang Sangat Penting

Ini adalah kemenangan pertama Rossi dari yang terakhir di...

Keinginan Ashanty Saat Libur Lebaran

Ashanty bersama keluarga berencana akan memanfaatkan hari...

Serunya Ramadan Bayram di Turki

Di Turki idul fitri seringnya dikenal dengan sebutan Rama...

Mengejutkan, Presiden Taiwan Ucapkan Idul Fitri dalam Bahasa Indonesia

Taiwan dalam setahun ini mendorong Kebijakan ke Arah Sela...

Tiga Film Lukman Sardi di Hari Ied

Tak menampik bahwa momen yang tak terduga ini membuat Luk...

Atasi Macet, Bandung-Tasik akan Dibangun Jalan Tol

Pemerintah berencana membangun jalan tol Bandung-Tasikmal...