Kamis, 27/04/2017 23:43 WIB

2.250 Mahasiswa Akan Meriahkan PIONIR VIII di Aceh

Event dua tahun sekali itu akan berlangsung di Universitas Ar-Raniry Banda Aceh pada 25 April sampai 1 Mei 2017.

Dirjen Pendis Kamarrudin Amin (tengah) bersama Direktur Diktis Nizar Ali (kanan)

Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) kembali menggelar Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke-8. Kali ini, event dua tahun sekali itu akan berlangsung di Universitas Ar-Raniry Banda Aceh pada 25 April sampai 1 Mei 2017.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kamarrudin Amin mengatakan sebanyak 55 perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) negeri akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Ada 2.250 mahasiswa yang berasal dari 55 PTKI negeri se-Indonesia, terdiri dari 11 UIN, 32 IAIN, dan 12 STAIN. Nanti juga ditambah dengan 360 official dan rombongan,” kata Kamarrudin di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (21/4).

Kamarrudin menambahkan terdapat empat kategori yang akan meramaikan PIONIR ke-8. Yakni bidang Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset. Untuk bidang ilmiah misalnya, ada empat cabang perlombaan, yaitu Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Makalah Qur’ani (MMQ) dan Musabaqah Qiraatul Qutub (MQK). Dan di kategori ilmiah, bidang yang diperlombakan meliputi Karya Tulis dan Karya Inovatif Mahasiswa.

Sedangkan untuk kategori olahraga, ada sepuluh cabang yang bisa diikuti oleh peserta. Antara lain, Futsal, Sepak Takraw, Voli, Tenis Meja, Catur, Pencak Silat, Karate, Basket, Panjat Dinding, dan Bulutangkis.

“Di bidang seni kami memasukkan lomba Musabaqah Tilawatih Al-Qur’an, Musabaqah Hifzil Qur’an, Kaligrafi, Pop Solo Islami, Desain dan Peragaan Busana Muslim, Puitisasi Al-Qur’an, Marawis, dan Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ). Jadi Qur’an tidak cukup dibaca dan dihafal, kali ini juga disyarah,” ujar Kamarrudin.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Nizar Ali mengungkapkan selain terdapat beberapa cabang olahraga yang baru kali ini dibuka, uniknya acara ini akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menuju panggung kehormatan menggunakan gajah.

“Menteri Agama, Gubernur Aceh, dan Rektor UIN Ar-Raniry direncanakan menaiki gajah menuju panggung kehormatan tempat dilaksanakannya upacara pembukaan PIONIR ke-8,” tandasnya.

TAGS : PIONIR Kementerian Agama




TERPOPULER :

TERKINI

Golkar Dorong Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Partai Golkar menjagokan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi u...

Diminta Buat Ma`had Aly Khusus Perempuan, Menag: Dengan Senang Hati

Usulan ini merupakan rekomendasi yang lahir dari Kongres ...

Usai Laga, Dua Tim Ini Adu Pukul

Laga yang mempertemukan tim asal Brasil, Palmeiras dan Ur...

Niat Datangkan Di Maria, Barcelona Tuai Rintangan Besar

Namun upaya tim katalan nampaknya akan mendapat rintangan...

Pemetaan Tantangan Produk Halal Jadi Agenda Rapat Perdana BPJPH

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menggela...

Eks Dirut PT Murakabi Sejahtera Akui Jabat Wakil Bendum Golkar

perusahaan keponakan Ketua DPR RI, Setya Novanto ini meru...