Jum'at, 20/10/2017 02:50 WIB

2.250 Mahasiswa Akan Meriahkan PIONIR VIII di Aceh

Event dua tahun sekali itu akan berlangsung di Universitas Ar-Raniry Banda Aceh pada 25 April sampai 1 Mei 2017.

Dirjen Pendis Kamarrudin Amin (tengah) bersama Direktur Diktis Nizar Ali (kanan)

Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) kembali menggelar Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke-8. Kali ini, event dua tahun sekali itu akan berlangsung di Universitas Ar-Raniry Banda Aceh pada 25 April sampai 1 Mei 2017.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kamarrudin Amin mengatakan sebanyak 55 perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) negeri akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Ada 2.250 mahasiswa yang berasal dari 55 PTKI negeri se-Indonesia, terdiri dari 11 UIN, 32 IAIN, dan 12 STAIN. Nanti juga ditambah dengan 360 official dan rombongan,” kata Kamarrudin di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (21/4).

Kamarrudin menambahkan terdapat empat kategori yang akan meramaikan PIONIR ke-8. Yakni bidang Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset. Untuk bidang ilmiah misalnya, ada empat cabang perlombaan, yaitu Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Makalah Qur’ani (MMQ) dan Musabaqah Qiraatul Qutub (MQK). Dan di kategori ilmiah, bidang yang diperlombakan meliputi Karya Tulis dan Karya Inovatif Mahasiswa.

Sedangkan untuk kategori olahraga, ada sepuluh cabang yang bisa diikuti oleh peserta. Antara lain, Futsal, Sepak Takraw, Voli, Tenis Meja, Catur, Pencak Silat, Karate, Basket, Panjat Dinding, dan Bulutangkis.

“Di bidang seni kami memasukkan lomba Musabaqah Tilawatih Al-Qur’an, Musabaqah Hifzil Qur’an, Kaligrafi, Pop Solo Islami, Desain dan Peragaan Busana Muslim, Puitisasi Al-Qur’an, Marawis, dan Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ). Jadi Qur’an tidak cukup dibaca dan dihafal, kali ini juga disyarah,” ujar Kamarrudin.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Nizar Ali mengungkapkan selain terdapat beberapa cabang olahraga yang baru kali ini dibuka, uniknya acara ini akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menuju panggung kehormatan menggunakan gajah.

“Menteri Agama, Gubernur Aceh, dan Rektor UIN Ar-Raniry direncanakan menaiki gajah menuju panggung kehormatan tempat dilaksanakannya upacara pembukaan PIONIR ke-8,” tandasnya.

TAGS : PIONIR Kementerian Agama




TERPOPULER :

TERKINI

Uni Papua FC Gandeng Soxna Soccer Academi Madrid

Selama berlangsungnya turnamen SOXNA akan melakukan t...

Berikut Metode Baru Mencari Atlet Terbaik

Pelatih panjat tebing dari Belgia, Verhouven akan berbagi...

Pasca Pembubaran PRIMA, Berikut Persiapan Pemerintah dan KONI

Peralihan fungsi Satlak Prima ke KONI Pusat yang terpenti...

Pilkada 2018, PPP Pilih Realistis

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mau terlalu ambi...

Komisi III DPR: Biarkan Anjing Menggonggong, Khafilah Berlalu

Munculnya pro-kontra atas pembentukan Densus Tindak Pidan...

Skandal Kendaraan Nissan Kembali Terkuak

Bulan ini, produsen mobil tersebut terpaksa mengumumkan d...