Jum'at, 19/04/2024 19:28 WIB

Penemuan Terbaru Soal Tikus Mol Bikin Ilmuwan Kaget

Dari penelitian yang dilakukan, dengan oksigen rendah tikus mol bisa melakukan aktivitas normal hingga lebih dari lima jam.

Ilustrasi perangkap tikus

Jakarta – Kamu tau dengan Rufus di serial kartun “Kim Possible”? Ya, Rufus adalah sosok tikus mol telanjang sebagai sahabat karib Ronald ‘Ron’ Stoppable yang membantunya dalam memberantas kejahatan.

Nah, ngomong-ngomong soal tikus mol, sebuah penemuan terbaru yang memperlihatkan keanehan perilaku sosial makhluk mamalia tersebut. Tikus mol hidup berkoloni layaknya lebah dan semut di bawah tanah. Mereka juga memiliki seorang ‘Ratu’ yang menjadi pemimpin kawanan.

Tikus mol juga diketahui kebal dari segala macam penyalkit ganas, seperti kanker. Inilah mengapa para peneliti tertarik mencari tahu apa yang menyebabkan tikus mol memiliki kekebalan tersebut.

Tidak hanya kebal, baru-baru ini ilmuwan juga menemukan bahwa tikus mol ternyata tidak seperti hewan lain, yang mengandalkan glukosa untuk memperoleh energi. Tikus mol hidup di bawah permukaan tanah dengan kadar oksigen rendah, sehingga tidak cukup untuk mengubah glukosa menjadi energi. Oleh karena itu, tikus mol beralih dari glukosa ke fruktosa.

Dari penelitian yang dilakukan, dengan oksigen rendah tikus mol bisa melakukan aktivitas normal hingga lebih dari lima jam. Bahkan, mereka bisa hidup selama 18 menit tanpa oksigen berkat peralihan sumber energi tersebut.

Dikutip dari Newsy, penemuan ini akan sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan menggunakan fruktosa dan sedikit sentuhan teknologi, maka para dokter dapat menyelamatkan pasien serangan jantung dan stroke. Adapun fruktosa merupakan satu dari tiga gula darah (glukosa dan galaktosa) yang terdapat di tubuh manusia selama proses pencernaan.

KEYWORD :

Unik Tikus Mol Sains




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :