Rabu, 18/10/2017 10:41 WIB

Penemuan Terbaru Soal Tikus Mol Bikin Ilmuwan Kaget

Dari penelitian yang dilakukan, dengan oksigen rendah tikus mol bisa melakukan aktivitas normal hingga lebih dari lima jam.

Ilustrasi perangkap tikus

Jakarta – Kamu tau dengan Rufus di serial kartun “Kim Possible”? Ya, Rufus adalah sosok tikus mol telanjang sebagai sahabat karib Ronald ‘Ron’ Stoppable yang membantunya dalam memberantas kejahatan.

Nah, ngomong-ngomong soal tikus mol, sebuah penemuan terbaru yang memperlihatkan keanehan perilaku sosial makhluk mamalia tersebut. Tikus mol hidup berkoloni layaknya lebah dan semut di bawah tanah. Mereka juga memiliki seorang ‘Ratu’ yang menjadi pemimpin kawanan.

Tikus mol juga diketahui kebal dari segala macam penyalkit ganas, seperti kanker. Inilah mengapa para peneliti tertarik mencari tahu apa yang menyebabkan tikus mol memiliki kekebalan tersebut.

Tidak hanya kebal, baru-baru ini ilmuwan juga menemukan bahwa tikus mol ternyata tidak seperti hewan lain, yang mengandalkan glukosa untuk memperoleh energi. Tikus mol hidup di bawah permukaan tanah dengan kadar oksigen rendah, sehingga tidak cukup untuk mengubah glukosa menjadi energi. Oleh karena itu, tikus mol beralih dari glukosa ke fruktosa.

Dari penelitian yang dilakukan, dengan oksigen rendah tikus mol bisa melakukan aktivitas normal hingga lebih dari lima jam. Bahkan, mereka bisa hidup selama 18 menit tanpa oksigen berkat peralihan sumber energi tersebut.

Dikutip dari Newsy, penemuan ini akan sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan menggunakan fruktosa dan sedikit sentuhan teknologi, maka para dokter dapat menyelamatkan pasien serangan jantung dan stroke. Adapun fruktosa merupakan satu dari tiga gula darah (glukosa dan galaktosa) yang terdapat di tubuh manusia selama proses pencernaan.

TAGS : Unik Tikus Mol Sains




TERPOPULER :

TERKINI

California Siapkan RUU Pemakaman Mayat Dicairkan

Adapun cara kerja aquamation yakni tubuh mayat dipanaskan...

Badai Matahari Diprediksi Hantam Bumi 100 Tahun Lagi

Dalam penelitian tersebut, Avi mengungkapkan semburan Mat...

Zidane Akui Pertahanan Kuat Spurs

Meski melakukan serangan bertubi-tubi, Ronaldo, dkk kesul...

Presiden Dorong Fakultas dan Prodi Sesuai Kebutuhan Zaman

metode pembelajaran harus diubah dan disesuaikan dengan k...

Begini Modus Baru Korut Rayu China

Hubungan Korea Utara dengan China, sekutu utamanya dan pe...

Tahanan Perempuan Harus Terbebas dari Kekerasan

Yohana Yembise meminta petugas Lembaga Pemasyarakatan (La...