Kamis, 27/04/2017 23:40 WIB

Menlu AS Akan Menjamu Menlu se-ASEAN Pada Mei

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Rex Tillerson akan menjamu menteri luar negeri negara-negara Asia Tenggara pada 4 Mei di Washington

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Rex Tillerson (Foto: Getty)

Washington - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Rex Tillerson akan menjamu menteri luar negeri negara-negara Asia Tenggara pada 4 Mei di Washington menjelang pertemuan puncak regional pada November mendatang, menurut pejabat Departemen Luar Negeri pada Kamis (20/4).

Para menteri luar negeri dari 10 anggota Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) meminta pertemuan dengan Tillerson dalam upaya untuk terlibat dengan pemerintahan baru AS tersebut, kata Patrick Murphy, asisten menteri luar negeri AS untuk negara-negara Asia Tenggara.

Dilansir CNN, diperkirakan dalam pertemuan itu, Tillerson dan para menteri lainnya akan cenderung mendiskusikan perdagangan, klaim teritorial di Laut Cina Selatan, kejahatan dan masalah lainnya.

"Sekretaris Tillerson menerima permintaan dari para menteri luar negeri ASEAN, yang menawarkan, untuk datang ke Washington menemuinya di awal tahun, sebelum pertemuan multilateral yang rencananya akan berlangsung pada Agustus di Filipina. Dan sekretaris Tillerson segera menyetujui permintaan itu," kata Murphy.

Ia menambahkan, jadi di penghujung hari, Tillerson akan menjadi tuan rumah para menteri ASEAN. Ia setuju dengan permintaan mereka untuk bertemu dalam sebuah sesi khusus yang akan berlangsung pada 4 Mei mendatang. Saya pikir kami sangat senang dikunjungi orang asing. Menteri di sini. "

Murphy juga mengatakan bahwa Menteri Pertahanan James Mattis "telah membuat komitmen untuk melakukan kunjungan ke Shangri-La Dialogue diperkirakan pada 2-4 Juni di Singapura," pungkasnya.

TAGS : Ekonomi Perdagangan ASEAN Rex Tillerson




TERPOPULER :

TERKINI

Golkar Dorong Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Partai Golkar menjagokan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi u...

Diminta Buat Ma`had Aly Khusus Perempuan, Menag: Dengan Senang Hati

Usulan ini merupakan rekomendasi yang lahir dari Kongres ...

Usai Laga, Dua Tim Ini Adu Pukul

Laga yang mempertemukan tim asal Brasil, Palmeiras dan Ur...

Niat Datangkan Di Maria, Barcelona Tuai Rintangan Besar

Namun upaya tim katalan nampaknya akan mendapat rintangan...

Pemetaan Tantangan Produk Halal Jadi Agenda Rapat Perdana BPJPH

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menggela...

Eks Dirut PT Murakabi Sejahtera Akui Jabat Wakil Bendum Golkar

perusahaan keponakan Ketua DPR RI, Setya Novanto ini meru...