Kamis, 27/04/2017 23:52 WIB

Stasiun TV Korea Dikecam Karena Rasis

Salah satu stasiun tv asal Korea, SBS dapat teguran keras dari para penggemar internasional setelah menayangkan drama komedi yang dianggap menghina ras kulit hitam.

Acara Laughing Legend Match di SBS (Foto: Koreaboo)

Jakarta - Salah satu stasiun tv asal Korea, SBS dapat teguran keras dari para penggemar internasional setelah menayangkan drama komedi yang dianggap menghina ras kulit hitam. Pada tanggal 19 April, SBS menayangkan acara komedi Laughing Legend Match, yang menurut penggemar keterlaluan dan tidak dapat diterima serta mengakibatkan banyak kritik.

Koreaboo melansir, dalam drama komedi itu, tokoh utama yang bernama Hyunhee, berdebat dengan ayahnya tentang mimpinya menjadi seorang komedian dengan berkostum aneh, atasan bermotif cheetah, rok dari rumput serta hiasan kepala berbulu, ia juga menggunakan topeng berwarna coklat gelap.

Tidak hanya itu, mereka juga membuat lelucon yang yang tidak sopan tentang penampilannya itu, beberapa pemain lain yang berperan sebagai saudara Hyunhee juga mengatakan komentar-komentar yang benar-benar menyinggung perasaaan, "oh ini adalah garis waktu evolusi manusia," perkataan ini mengimplikasikan bahwa ras kulit hitam itu merupakan bentuk kuno kehidupan manusia. 

Adegan akhirnya menunjukkan Hyunhee menarikan "The Circle of Life" dengan tarian stereotip Afrika. Drama ini menyebabkan kegemparan dalam komunitas K-Pop internasional yang marah tidak hanya pada kejadian itu namun fakta bahwa komunitas kulit hitam seringnya masih dijadikan bahan guyonan di dunia hiburan Korea Selatan.

Penggunaan konteks orang kulit hitan di industri hiburan Korea baik karena ketidaktahuan ataupun merupakan bentuk rasisme, menurut banyak orang tetap tidak dapat diterima.

Penggemar menyatakan bahwa sekarang adalah waktunya bagi para selebriti Korea seperti, Sam Okyere, Michelle Lee, Insoon, dan Yoon Mi Rae untuk mengedukasi diri tentang sensitifnya persoalan budaya seperti itu.

TAGS : Korea Kdrama Kpop Kshow




TERPOPULER :

TERKINI

Golkar Dorong Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Partai Golkar menjagokan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi u...

Diminta Buat Ma`had Aly Khusus Perempuan, Menag: Dengan Senang Hati

Usulan ini merupakan rekomendasi yang lahir dari Kongres ...

Usai Laga, Dua Tim Ini Adu Pukul

Laga yang mempertemukan tim asal Brasil, Palmeiras dan Ur...

Niat Datangkan Di Maria, Barcelona Tuai Rintangan Besar

Namun upaya tim katalan nampaknya akan mendapat rintangan...

Pemetaan Tantangan Produk Halal Jadi Agenda Rapat Perdana BPJPH

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menggela...

Eks Dirut PT Murakabi Sejahtera Akui Jabat Wakil Bendum Golkar

perusahaan keponakan Ketua DPR RI, Setya Novanto ini meru...