Selasa, 23/04/2024 17:23 WIB

Internasional

Korea Selatan Tuding Peluncuran Rudal Korut Gagal

Korut melakukan percobaan peluncuran rudal di dekat Sinpo (bagian timur Korut) pagi ini. Tapi gagal, kata militer Korsel.

Pertunjukan rudal balistik Korea Utara

Seoul – Sehari usai perayaan hari lahir Kim Il-sung, Korea Utara (Korut) diduga melakukan peluncuran rudal, Minggu (16/4) pagi ini. Kendati demikian, menurut salah seorang militer Korea Selatan (Korsel) rudal yang tidak ketahui jenisnya tersebut gagal dan meledak tidak lama setelah diluncurkan.

Korut melakukan percobaan peluncuran rudal di dekat Sinpo (bagian timur Korut) pagi ini. Tapi gagal,” kata militer Korsel.

Dugaan kegagalan Korut juga diketahui oleh militer Amerika Serikat (AS) yang saat ini berjaga-jaga di perairan China. Hingga laporan tersebut diteruskan kepada Presiden Donald Trump, belum ada tanggapan dari orang nomor satu Gedung Putih itu.

Tim (militer AS) mengetahui hal itu. Namun presiden belum berkomentar lebih lanjut,” kata Sekretaris Pertahanan AS, Jim Mattis dikutip dari USA Today.

Sehari sebelumnya, pada perayaan Day of the Sun untuk mengenang almarhum pendiri Korut, Kim-Il-sung, sebuah parade militer dipersembahkan untuk memamerkan kekuatan Korut. Pertunjukan tersebut juga diindikasikan sebagai respon atas ancaman AS terhadap nuklir Korut.

KEYWORD :

Korut Perang Dunia AS Korsel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :