Jum'at, 26/04/2024 06:22 WIB

Info Ketenagakerjaan

Kemakmuran Suatu Bangsa Bisa Diraih dengan Tiga Hal

Peran peneliti Negara-negara anggota OKI diperlukan untuk mengkaji secara komprehensif dan fundamental model-model dalam sistem nilai ajaran Islam. 

Sekretaris Jenderal Kemnaker RI, Hery Sudharmanto.

Jakarta - Kemakmuran suatu bangsa sudah tidak lagi di tentukan oleh sumberdaya alam maupun jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang banyak. Saat ini kemakmuran lebih di tentukan oleh brain power, cita-cita, semangat dan kepercayaan.

"Singkatnya dibutuhkan ilmu, iman, dan takwa untuk meraih kemamuran suatu bangsa," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Hery Sudharmanto, saat memeberikan sambutan pada acara Workshop on Promoting Research and Study on Islamic Concepts and Practices Concerning Labour Matter di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4).

Menurut Hery, diperlukan konsep yang mampu mensinkronkan, mengharmoniskan dan mensinergikan semua hal tersebut. Peran peneliti Negara-negara anggota OKI diperlukan untuk mengkaji secara komprehensif dan fundamental model-model dalam sistem nilai ajaran Islam yang dapat yang dapat diaplikasikan dalam pembangunan terutama bidang ketenagakerjaan.

"Esensi workshop ini adalah untuk menggalang komitmen Negara-negara OKI dalam mewujudkan terimplementasinya konsep dan sistem Islam dalam sistem ketenagakerjaan," papar Hery.

Ia menambahkan, terimpelementasinya konsep dan sistem Islam dalam sistem ketenagakerjaan merupakan salah satu jalan terbaik untuk mencapai kesejahteraan suatu bangsa. Workshop negara-negara anggota OKI ini merupakan kesempatan baik untuk melakukan berbagai perbaikan peningkatan, pengutan, dan perubahan agenda agar terjadi akselerasi implementasi konsep dan praktik Islam dalam sistem ketenagakerjaan.

"Workshop ini juga membuktikan komitmen Indonesia dalam menindaklanjuti hasil pertemuan Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja ke-2 di Baku, Azerbaijan tahun 2014," imbuh Hery.

Selain itu forum ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja ke-3 di Jakarta tahun 2015.

"Semoga workshop ini dapat menghasilkan kesepahaman dan komitmen untuk melaksanakannya," pungkas Hery.

 

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :