Jum'at, 19/04/2024 03:10 WIB

Info ketenagakerjaan

Kemajuan Teknologi Ciptakan Peluang Baru

Pemerintah Indonesia menaruh perhatian serius pada peningkatan keterampilan tenaga kerja melalui pelatihan vokasi.

Menaker Hanif Dakhiri saat konferensi tingkat menteri tenaga kerja OKI di Jakarta.

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri mengingatkan pergeseran akibat kemajuan teknologi, meskipun menimbulkan hilangnya jenis-jenis pekerjaan tertentu, namun di sisi lain justru menciptakan peluang-peluang baru.

Tantangan lain yang tak kalah penting, lanjut Menaker adalah masih tingginya angka pengangguran, khususnya di kalangan usia muda.

"Ketidakmampuan pasar kerja menyerap tenaga kerja, selain disebabkan karena keterbatasan kesempatan kerja yang tersedia, juga dikarenakan ketidaksesuaian atau mismatch antara keterampilan yang dimiliki oleh tenaga kerja dengan kebutuhan di pasar kerja," ujar Menteri Hanif  dalam keterangan tertulisnya di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (11/4).

Menaker menegaskan sejalan dengan tantangan future of work, Pemerintah Indonesia menaruh perhatian serius pada peningkatan keterampilan tenaga kerja melalui pelatihan vokasi. Berbagai inisiatif telah kami lakukan secara masif dan komprehensif untuk peningkatan mutu output dari lembaga pelatihan kerja, baik dari aspek fasilitas, kurikulum, tenaga pengajar/instruktur, hingga kelembagaannya, melalui program 3R, yaitu: Reorientasi, Revitalisasi dan Rebranding.

Melalui program tersebut, lanjut Menaker Hanif, diharapkan pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) dapat memiliki kesesuaian atau link and match dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja yang kian dinamis, sehingga lulusannya cepat terserap, bekerja atau berwirausaha.

Lebih jauh kata Menaker, Pemerintah Indonesia juga terus mendorong partisipasi aktif dari kalangan swasta dan pemerintah daerah untuk berinventasi dan bekerja sama dalam mengembangkan pelatihan kerja yang dilakukan oleh BLK-BLK yang terdapat di seluruh Indonesia. “Selain itu, kami juga menjalin kerjasama internasional, baik secara bilateral, regional maupun multilateral dalam upaya pengembangan pelatihan vokasi,“ ujarnya.

Menaker Hanif mengatakan sebagai akibat dari kebebasan arus barang dan jasa secara global, kondisi pasar kerja saat ini telah menjadi semakin kompetitif. Tingginya kompetisi tenaga kerja di pasar kerja, menuntut masing-masing negara untuk dapat menyiapkan tenaga kerjanya agar mampu bersaing apabila negara tesebut tidak ingin angka penganggurannya menjadi semakin tinggi.

"Negara anggota OKI juga menyambut positif proposal Pemerintah Republik Azerbeijan untuk membentuk The Organisation of Islamic Cooperation (OIC) Labour Centre yg berlokasi di Baku, Azerbeijan," tambah Hanif.

OIC Labour Centre akan menjadi Pusat Ketenagakerjaan negara-negara OKI yang diharapkan akan terus mengupdate dan mengupayakan perlindungan TK Migran, pengembangan skills untuk kaum muda, riset-riset ketenagakerjaan yang disesuaikan dengan dinamika pasar kerja dunia.

KEYWORD :

Info ketenagakerjaan hanif dakhiri menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :